Follow Us

Motor MotoGP Ternyata Punya Tombol "Strategi", Kayak Gini Nih Fungsinya

Alvin Bahar - Senin, 15 Januari 2018 | 08:00
Mungkinkan Valentino Rossi Jadi Juara Dunia MotoGP 2015?
Alvin Bahar

Mungkinkan Valentino Rossi Jadi Juara Dunia MotoGP 2015?

HAI-ONLINE.COM - Di stang motor MotoGP terdapat banyak tombol dengan berbagai warna yang merupakan tombol 'strategi'. Seperti pada motor Ducati MotoGP, terdapat 5 tombol dengan lima warna berbeda. Salah satu pembalap Octo Pramac Racing Ducati, Scott Redding menjelaskan apa fungsi tiap tombol dalam sebuah video. Scott Redding menjelaskan tombol dari paling atas hingga paling bawah.

Dimulai dari tombol berwarna merah yang digunakan untuk mengatur mapping power. Di motor Octo Pramac Ducati ada tiga mapping, dari paling tinggi A, B, dan paling rendah C.

Tiap kali tombol merah ditekan maka mapping akan berkurang hingga C dan kalo ditekan kembali akan kembali menjadi A.

Tombol berwarna biru adalah launch mode, atau digunakan ketika pembalap melakukan start. Ketika start posisi gear netral, pembalap MotoGP nggak perlu memindahkan gigi dengan tuas, cukup menekan tombol berwarna biru ini untuk mulai melaju.

Tombol kuning adalah untuk mengatur mapping konsumsi bahan bakar.

Cek deh: Menaruh Helm di Spion Ternyata Punya Dampak Negatif Lho! Cek Penjelasannya di Sini

Ada 3 mapping dari A ke C, dan C adalah yang paling hemat bahan bakar.

Tombol hijau untuk mapping engine brake: Scott Redding mengatakan tombol ini paling banyak digunakan ketika memasuki tikungan. Fungsinya untuk memperlambat putaran ban belakang.

Scott Redding juga menambahkan ketika sudah memasuki lap-lap akhir, maka penggunaan ban akan semakin banyak. Pembalap biasanya mulai mengatur mapping engine brake ke B atau C.

Ada juga tombol abu-abu untuk membatasi kecepatan motor. Tombol abu-abu ini digunakan di pit lane karena adanya pembatasan kecepatan di sana.

Saat tombol ini ditekan, ada lampu hijau berkedip di panel instrumen motor MotoGP.

Artikel ini pertama kali tayang di Gridoto.com dengan judul "Merah, Kuning, Hijau, Apa Saja Fungsi Tombol di Motor MotoGP"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest