Follow Us

SELAMATKAN BUMI, SATU PONSEL (AJA) KEREN!

- Selasa, 02 Desember 2014 | 02:54
SELAMATKAN BUMI SATU PONSEL AJA KEREN
Hai Online

SELAMATKAN BUMI SATU PONSEL AJA KEREN

Besarnya permintaan smartphone di Bumi kita, setidaknya sudah membuat perusahaan di Beijing bekerja keras untuk menghasilkan material dan memproduksi ponsel tersebut. Padahal dalam prosesnya nggak bisa dibilang gampang, jutaan hektar lahan tambang harus digali demi mengumpulkan bijih-bijih material alam tersebut, belum lagi ada proses pemisahan dan pengirimannya. Yang semua itu akhirnya mengancam kerusakan alam.

Selain menghabiskan bahan bakar yang besar, ancaman racun juga rentan mengontaminasi air dan polusi udara di sekitar. Masalah ini cukup serius melanda negara-negara penghasil rare materials tersebut. Selain China, negara bagian Pahang Malaysia, dan juga Australia beberapa kali mengalami masalah karena adanya tambang terbuka yang menyebabkan tercemarnya debu radioaktif dan limbah karsinogenik ke lingkungan sekitar.

Khusus untuk China, pertambangan tanah jarang telah membuat negara ini kehilangan lahan hijau, sehingga pada 1990 mereka sempat menghentikan operasi tambang mereka, akibat banyak warga yang mengeluh dan meminta dengan lantang tentang hak-hak pekerja dan kerusakan lingkungan yang terjadi. Meski sebelumnya telah banyak warga yang diam-diam menoleransi risiko kanker di area sekitar, akhirnya mereka menyesal juga karena banyak hal merugikan setelahnya.

So, kenapa nggak, mulai sekarang, kita memilih untuk punya hanya satu ponsel cerdas, yang sifatnya efektif bisa memenuhi kebutuhan hidup kita dan sekaligus bisa dipakai dalam waktu yang lama. Perbuatan ini, sih, nggak bisa dibilang langkah kecil, sebab untuk bisa begitu, akhirnya kita kudu sanggup melawan gengsi dan emosi.

Lagian, gonti-ganti ponsel itu nggak keren, bray! Ponsel itu ibaratnya belahan jiwa kita. Siapa, sih yang nggak galau kalau "dia" ketinggalan di rumah atau malah ilang di jalan? Makanya jagain betul ponsel kita, jangan mau, deh, gonta-ganti, gonta-ganti. Emangnya, kita ponsel apaan #eh!

Oh ya, buat yang ngaku green youth, jangan cuma nge-tweet jaga bumi kita biarnggak rusak dna punah, tapi buktikan juga gaya hidup kalian benar-benar menyelamatkan bumi kita, salah satu caranya dengan nggak gonta-ganti ponsel melulu ya!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest