Salut! Mahasiswa ITS Juara dalam Kompetisi Teknologi Chem E-Car di Malaysia

  • Selasa, 10 April 2018 15:30 WIB

Tim Spektronics asal ITS menang kompetisi di Malaysia (Foto: Situs ITS) | Its.ac.id

HAI-Online.com - Mahasiswa Indonesia kembali menoreh prestasi internasional nih bro. Kali ini datang dari mahasiswa asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang baru aja juara dalam kompetisi chem e-car di Malaysia Chem-E-Car Competition 2018.

Dalam kompetisi yang digelar di TATI University College, Malaysia itu, mahasiswa asal ITS maju dengan timnya yang bernama tim Spektronics. Mereka mengusung mobil yang disebut Spektronics 16 dengan sistem water turbine engine. Sistem itu sendiri ternyata belum ada loh bro di Indonesia.

CEK JUGA NIH: Salut! Dua Cewek dari Unpar Ini Bakal Mendaki Gunung Everest

Dilansir dari situs resmi ITS, dengan sistem yang digunakan tim Spektronics tersebut reaksi yang ada di dalam mobil menjadi sangat ramah lingkungan. Bahkan, bahan bakarnya dari bahan pemutih pakain, Hidrogen peroksida, dan Ferric chloride sebagai katalisnya.

"Penggunaan dua bahan tersebut mampu menghasilkan air dan oksigen, sebagai hasil samping yang ramah lingkungan" kata Regia Puspitasari perwakilan tim Spektronics.

Proses penyiapan mobil itu sendiri dibutuhkan waktu hingga empat bulan. Hal itu memang coba tim persiapkan semaksimal mungkin sesuai konsep dan menjadi jawaban atas kondisi eksternal saat perlombaan, seperti suhu, kelembapan, dan friksi jalan.

Berkat kerja keras mereka, tim Spektronics berhasil sabet beberapa gelar. Nggak cuma Juara Satu Race, tapi juga Best Accumulation dan Best Design and Concept. Salut!

Reporter : Dewi Rachmanita
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×