Ilustrasi
Ilustrasi ( KOMPAS/LUCKY PRANSISKA)

Selain Tempat Wisata Yang Menarik, Berikut 6 Makanan Khas Tawangmangu

22 September 2020 15:10 WIB

SonoraBangka.id - Destinasi wisata yang naik daun di Jawa Tengah saat ini ada di Tawangmangu. Tawangmangu yang terkenal dengan hawa sejuk ini punya banyak tempat wisata menarik. Wisatawan tak hanya bisa berwisata di alam asri. Bisa juga mengisi perut dengan berwisata kuliner di Tawangmangu. Berikut lima makanan khas Tawangmangu yang cocok untuk wisata kuliner dikutip dari Tribun Travel:

1. Pentol kuah

Pentol yang dimaksud adalah bakso kuha. Penjual pentol di daerah Tawangmangu biasanya berjualan dengan gerobak motor di tepi jalan. Pentol umumnya disajikan dengan tahu yang diiris tipis-tipis.

2. Sate kelinci

Sate kelinci adalah kuliner khas Tawangmangu yang paling terkenal dan banyak membuat orang penasaran. Penjual sate kelinci mudah sekali ditemukan di kawasan wisata Tawangmangu dan Sarangan. Sate kelinci disajikan bersama lontong atau ketupat, sambal kacang, irisan kol, tomat, irisan cabai dan bawang merah mentah. Harga satu porsi sate kelinci berisi 10 tusuk dihargai mulai Rp 15.000.

3. Pisang molen

Di sepanjang perjalanan menuju Tawangmangu banyak penjual pisang molen. Pisang molen Tawangmangu beda dengan pisang molen khas Bandung. Pisang molen khas Bandung yang menggunakan pastry lembut, sementara pisang molen Tawangmangu menggunakan adonan yang digoreng garing. Cocok jadi camilan selama di perjalanan.

4. Sate landak

Selain sate kelinci, ada juga kuliner sate landak yang menarik untuk dicoba. Penasaran dengan sate landak? Kamu bisa datang ke warung Bapak Sukatno yang berada di jalan Matesih-Tawangmangu Kilometer dua. Satu porsi sate landak berisi 10 tusuk dijual dengan hargamulai dari Rp 20.000. Satu porsi sate landak ini, biasanya disajikan dengan tambahan lontong atau ketupat, sambal kacang, irisan bawang merahm kol, timun, dan cabai.

5. Keripik jagung

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm