Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Tinjau peninjauan di sejumlah tempat pemotongan dan penjualan hewan qurban, Selasa (28/7/2020).
Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Tinjau peninjauan di sejumlah tempat pemotongan dan penjualan hewan qurban, Selasa (28/7/2020). ( bangka.go.id)

Wabup Bangka Imbau Pemotongan Qurban Harus Sesuai Syariat dan Protokol Kesehatan

28 Juli 2020 21:17 WIB

SonoraBangka.ID - Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, melakukan peninjauan di sejumlah tempat pemotongan dan penjualan hewan qurban, Selasa (28/07/2020).

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan imbauan terkait pemotongan hewan qurban, yang menurutnya harus sesuai dengan syariat islam dan protokol kesehatan.

"Hari ini kita melakukan pemantauan di beberapa tempat pemotongan dan penjualan hewan qurban guna memastikan sesuai dengan standar mulai dari kebersihannya hingga syaratnya," kata Wakil Bupati Bangka, Syahbudin.

Baca Juga: Bupati Bangka Salurkan Sembako Untuk Warga Pangkal Niur dan Banyuasin

Beberapa tempat dikunjungi oleh Syahbudin, diantaranya tempat pemotongan di Masjid Agung, Masjid Al-Ikhas, Masjid Al-Ijtihad.

Sementara itu, lokasi penjualan hewan qurban yang ditinjau antara lain lingkungan Cendrawasih dan Kelurahan Sinar Baru Sungailiat.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh pembeli hewan qurban agar dapat memilih hewan qurban dengan baik.

Sehingga qurban yang dilakukan dapat memenuhi standar ataupun syariat islam.

"Seluruh hewan qurban yang telah diperiksa Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka dan dikategorikan sehat akan diberi tanda kalung disetiap hewan. Sehingga dapat menjadi acuan bagi yang hendak membeli hewan qurban," jelas Syahbudin.

Syahbundin juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuat keramaian saat melakukan pemotongan qurban.

Hal tersebut beguna untuk menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangka.

Salah satu panitia pelaksana pemotongan, Armiah menyampaikan prosesi pemotongan akan diupayakan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Diantaranya yaitu berusaha untuk tidak terlalu ramai dan pembagian kepada penerima qurban diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu ramai.

"Alhamdulillah untuk kita di Bangka ini prosesi pemotongan dan pembagian kepada mustahiq tidak berlalu berdesak desakan seperi di luar sana. Jadi semoga saja kita dapat menerpakan protokol dengan tepat," ucap Armiah.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm