Follow Us

Warga Indonesia Wajib Tahu! Begini Penggunaan Masker yang Benar Agar Tak Tertular Virus Corona Menurut WHO

Safira Dita - Selasa, 03 Maret 2020 | 11:00
Begini Penggunaan Masker yang Benar Agar Tak Tertular Virus Corona Menurut WHO
freepik

Begini Penggunaan Masker yang Benar Agar Tak Tertular Virus Corona Menurut WHO

Nakita.id - Ramai heboh penyebaran virus corona menjadikan warga Indonesia wajib tahu penggunaan masker yang benar agar tak tertular virus corona.

Sebenarnya, salah satu cara pencegahan virus corona adalah dengan memperhatikan kebiasaan dan perilaku kita sehari-hari.

Salah satunya dengan membentengi diri dengan penggunaan masker guna mencegah penularan penyakit.

Namun, baru-baru ini justru muncul kabar jika penggunaan masker tidak begitu penting dan dibutuhkan untuk orang yang masih sehat.

Pernyataan tersebut disampaikan Profesor Obat dan Epidemiologi di University of Iowa's College of Medicine, Eli Perencevich.

Baca Juga: BREAKING NEWS! 2 WNI Ibu dan Anak Dipastikan Presiden Jokowi Terindikasi Virus Corona, Rumah Korban di Depok DIisolasi!

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Pemakaian Masker Justru Tak Dianjurkan Karena Berpotensi Sebarkan Virus Corona ke Orang yang Masih Sehat!

"Meskipun ada kasus-kasus virus di luar sana, jawabannya adalah tidak. Anda tidak perlu menggunakan jenis masker apa pun, baik masker operasi, masker N95, masker pernapasan, atau masker lainnya, untuk melindungi diri dari virus corona," kata Dr. Perencevich, seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (29/2/2020).

Sementara, menurut WHO, penggunaan masker saja tidak menjamin menghentikan infeksi dan harus dikombinasikan dengan langkah-langkah pencegahan lain.

Salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan, pernapasan, dan menghindari kontak dekat, setidaknya jarak satu meter dengan orang lain.

Adapun masker yang umumnya digunakan oleh masyarakat ada dua tipe, yakni masker bedah dan masker N95.

Sayangnya, masyarakat Indonesia masih ada yang belum paham mengenai pemakaian masker yang benar.

Source : Kompas.com

Editor : Safira Dita

Baca Lainnya

Latest