Follow Us

Fakta di Balik Foto Viral Lampu RS Darurat Wisma Atlet Menyala Semua dan Kondisi Ruangan Disebut Penuh

Rina Wahyuhidayati - Sabtu, 12 September 2020 | 17:15
Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta tampak menyala semua lampunya, viral setelah dibagikan akun Twitter, Rabu (9/9/2020).
Twitter

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta tampak menyala semua lampunya, viral setelah dibagikan akun Twitter, Rabu (9/9/2020).

Suar.ID - Viral di media sosial, foto yang memperlihatkan semua lampu di setiap ruangan Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta menyala semua.

Narasi yang beredar juga menyebut kondisi ruangan di RSD Wisma Atlet sudah penuh oleh pasien Covid-19 atau Virus Corona.

Lantas, bagaimana fakta sebenarnya?

Dilansir dari Kompas TV, Koordinator RSD Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Stefanus Dony memastikan nyalanya lampu-lampu di Wisma Atlet bukan berarti semua tower terisi penuh oleh pasien Covid-19.

Baca Juga: Ngakunya sudah Berhijrah, Penyanyi Jebolan Indonesian Idol Ini Bikin Geger usai Dilaporkan karena Kasus Penipuan Ratusan Juta Rupiah!

Dony menegaskan hingga saat ini daya tampung Rumah Sakit Wisma Atlet untuk pasien Covid-19 masih memadai.

“Bukan berarti penuh, jadi memang nyala hanya sekitar 60% yang saya sampaikan tadi 60% yang dihuni,” terang dia.

Menurutnya, seluruh lampu di tower Wisma Atlet dinyalakan sebagai langkah perawatan sistem kelistrikan gedung dan bukti kesiapan Wisma Atlet.

Baca Juga: Sang Istri Akhirnya Hamil setalah 10 Tahun Penantian Panjang, Raffi Ahmad Minta Irwansyah 'Tahan dulu' Hasrat Bercintanya, Zaskia Sungkar: Ada Hal yang Lebih Penting

“Tower 5 kita lagi instalasi, jadi kita harus coba seberapa kekuatan listrik itu untuk nyala semua, jadi kalau pasien penuh kita sudah tidak khawatir lagi memang kuat untuk daya listrik itu sendiri,” ucap Stefanus.

Dikatakan Wiku Adi Sasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, saat ini Wisma Atlet memiliki 2,700 tempat tidur dan yang terisi sebanyak 1,600.

"Jadi masih ada 1,100 tempat tidur untuk perawatan pasien dengan status sedang dan ringan," katanya dilansir dari tayangan Indosiar, Kamis (10/9/2020).

Source : Tribun Jakarta

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest