Follow Us

Nggak Usah Mimpi Pergi ke Luar Angkasa Kalo Nahan Sendawa Aja Nggak Bisa

Bayu Galih Permana - Rabu, 14 November 2018 | 11:13
Ilustrasi sendawa
iStockphoto

Ilustrasi sendawa

HAI-Online.com - Udah bukan sebuah rahasia lagi, setiap orang di dunia ini pasti pernah memiliki mimpi buat pergi ke luar angkasa semasa kecil, bahkan impian itu berlanjut sampai mereka beranjak dewasa.

Padahal kalo dipikir-pikir sob, nggak adanya gaya gravitasi di luar angkasa dapat berpengaruh besar terhadap beberapa aktivitas sehari-hari kita ketika berada di Bumi, salah satunya.... sendawa.

Menurut Komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS), Chris Hadfield, hal seremeh kayak sendawa di luar angkasa bisa menyebabkan udara, makanan, dan cairan di perut akan mengambang secara bersamaan, mirip gelembung kasar.

"Kalian nggak bisa bersendawa di luar angkasa karena udara, makanan, dan cairan di perut kalian nantinya bakal mengambang bersama seperti gelembung-gelembung kasar," terang Hadfield seperti yang tertulis dalam akun Twitternya.

Baca Juga : Inilah Perjalanan Marvel Comics dari Awal Pembentukan Hingga Sekarang

Hal ini terjadi karena di luar angkasa nggak memiliki gravitasi, sehingga gas yang keluar dari mulut tetap bercampur dengan semua makanan maupun cairan yang ada di dalam perut atau lebih sering disebut dengan istilah 'bomit'.

Berbeda dengan ketika kita sedang berada di bumi, gaya gravitasi membuat udara menjadi lebih ringan dari makanan dan cairan, jadi bisa dikeluarkan lewat mulut dengan cara sendawa.

Meskipun begitu, seorang astronot bernama Jim Newman berhasil menemukan sebuah cara agar orang-orang bisa bersendawa tanpa bomit di luar angkasa, yaitu dengan teknik yang disebut push and burp.

"Dengan mendorong diniding, akan menciptakan kekuatan sebagai pengganti gravitasi yang menahan makanan di perutnya. Ini memberi kesempatan singkat untuk para astronot bersendawa tanpa terjadinya bomit," terang Newman seperti yang tertulis dalam buku 'What's It Like in Space?' garapan Ariel Waldman.

Hmm agak jijik juga kalo sendawa yang keluar malah makanan dan cairan dalam tubuh, malah mirip kaya orang lagi muntah ya sob. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest