Follow Us

Apple dan Google Bekerja Sama Untuk Membeli Hak Paten Kodak

Hendra Saputra - Senin, 10 Desember 2012 | 14:34
Apple dan Google Bekerja Sama Untuk Membeli Hak Paten Kodak

Seorang sumber yang tidak disebutkan identitasnya menginformasikan kepada Bloomberg bahwa Apple dan Google bekerja sama untuk membeli hak paten yang dimiliki Kodak.

Menurutnya, Apple dan Google berencana untuk menawarkan lebih dari 500 juta dollar kepada Kodak agar bisa bisa mendapatkan hak paten terkait “capture, manipulation and sharing of digital images”.

Berikut kutipannya:

Apple Inc. (AAPL) and Google Inc. have joined forces to offer more than $500 million to buy Eastman Kodak Co. (EKDKQ)’s patents out of bankruptcy, said people familiar with the situation.The two companies, competing for dominance of the smartphone market, have partnered after leading two separate groups this summer to buy some of Kodak’s 1,100 imaging patents, said the people, who asked not to be identified because the process is private.

Kodak sendiri sedang terancam kebangkrutan. Mereka diketahui telah menjual beberapa paten demi menghimpun dana, serta berencana mengurangi fokus perusahaan dari fotografi, ke layanan perusahaan dan functional printing.

Bloomberg juga mengatakan bahwa sebelum Apple dan Google bersatu, kedua perusahaan ini sempat membentuk aliansi dengan perusahaan lain untuk membeli hak paten Kodak. Apple sebelumnya membentuk aliansi dengan Microsoft dan Intellectual Ventures, sedangkan Google bergabung dengan RPX Corps.

Masing-masing aliansi tersebut menawar kurang dari 500 juta dollar kepada Kodak untuk paten itu namun, penawaran mereka sepertinya ditolak. Dan kini Apple dan Google bergabung untuk memberikan penawaran yang lebih tinggi lagi kepada Kodak.

Selain mengakuisisi hak paten dari perusahaan lain, Apple juga diketahui kerap mengakuisisi sebuah perusahaan, bahkan hingga pekerja dari perusahaan tersebut. Hal ini seperti yang terjadi sebelumnya ketika Apple dikabarkan merekrut para pegawai Colors Lab milik Bill Nguyen.

[source site_name = “Bloomberg|via Ars Technica” site_url = “http://www.bloomberg.com/news/2012-12-08/apple-joins-google-in-500-million-plus-bid-for-kodak-patents.html|http://arstechnica.com/apple/2012/12/apple-google-said-to-be-pooling-500-million-for-kodak-patents/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest