Follow Us

Arti Pemberian Huruf "R" di Seri iPhone XR Dijelaskan Bos Apple!

Ricky Nugraha - Selasa, 23 Oktober 2018 | 18:15
iPhone XR
Apple

iPhone XR

HAI-online.com - September lalu, Apple telah meluncurkan telah meluncurkan 3 seri iPhone baru, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Penamaan "X" sendiri pada iPhone sudah diterapkan sejak tahun lalu, dimana hal penamaan tersebut terinspirasi dari penomoran Romawi untuk angka 10.

Penggunaan embel-embel "S" pun sudah beberapa kali digunakan Apple dengan artian "speed". Lalu apa maksud arti dari penamaan "R" pada produk iPhone terbaru ini?

Baca Juga : Duh Harga Rp 20 Jutaan, iPhone XS dan XS Max Nggak Bisa Di-Charge?

Menurut Phill Schiller, Chief Marketing dari Apple, huruf "R" tersebut memiliki arti tersendiri baginya yang berhubungan dengan mobil berkecepatan tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah sports car.

“Aku suka mobil dan segala sesuatu yang cepat. Lalu huruf "R" dan "S" biasanya sering dipakai untuk menamai mobil sport yang sangat istimewa,” jelas Phil.

Seperti Porsche yang memang dikenal sering menambahkan huruf-huruf ini pada mobil-mobilnya, lalu Mercedes Benz yang juga memiliki seri R- dan S-Class.

Baca Juga: Walau Super Sibuk, Para Atlet Pelajar Ini Punya Prestasi Mengagumkan

Ketika Apple pertama kali mengumumkan iPhone 3GS, Schiller sendiri dengan bangga menjelaskan nama tersebut dengan menyebutkan bahwa "S" secara sederhana berarti speed (kecepatan), karena seri tersebut merupakan seri iPhone terkuat dan tercepat yang pernah mereka buat.

Lalu saat iPhone 4S diluncurkan 2 tahun kemudian, CEO Apple, Tim Cook menjelaskan bahwa huruf "S" pada seri itu adalah singkatan dari Siri, asisten digital Apple yang juga baru diperkenalkan saat itu.

Namun saat iPhone 5S dan 5C rilis pada tahun 2013, Apple berhenti memberikan penjelasan tentang nama-nama seri terbarunya sampai iPhone 6S. Sedangkan untuk iPhone SE disebut Schiller merupakan kependekan dari "Special Edition".

Bisa disimpulkan bahwa arti penamaan iPhone R ini nampaknya hanya berlaku bagi Schiller sendiri saja yang merupakan seorang penggemar otomotif dan penyuka mobil-mobil langka.

Dia juga menambahkan bahwa huruf-huruf yang dipakai di nama iPhone sebenarnya nggak pernah mewakili sesuatu yang spesifik. Huruf-huruf seperti "S"di nama iPhone juga nggak memiliki makna yang konsisten, selain sebagai pembeda belaka. (*)

Source : Kompas.com, The Verge

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest