Follow Us

Fitur Facebook Ini Bisa Bikin Kamu Tahu Kondisi Keluarga atau Teman di Lokasi Bencana

Bayu Galih Permana - Senin, 01 Oktober 2018 | 16:30
Facebook
Hypebeast

Facebook

HAI-Online.com - Bencana alam kembali mengguncang Indonesia, kali ini gempa bumi berkekuatan 7,4 SR terjadi di wilayah Donggala, Palu, dan sekitarnya pada Jumat petang kemarin (28/8).

Di tengah bencana tersebut, banyak orang-orang yang mengkhawatirkan tentang kondisi keluarga, sanak saudara, dan teman-teman mereka di lokasi terjadinya gempa.

Hal itu akhirnya membuat Facebook membuat sebuah fitur bernama safety check yang berguna sebagai pusat informasi bahwa penggunanya sedang berada dalam keadaan selamat dan juga mengecek keadaan orang lain setelah bencana alam terjadi.

Fitur safety check di Facebook
Facebook

Fitur safety check di Facebook

Baca Juga : Lebih Baik Berjaga-Jaga, Ini 4 Tips Dalam Menghadapi Ancaman Tsunami

Melalui fitur itu, nantinya akan ditampilkan mengenai daftar teman-teman kita yang tengah berada di lokasi dan juga informasi apakah mereka dalam keadaan aman usai terjadinya bencana alam.

Apabila teman ataupun keluarga kita telah menandai dirinya aman, teks hijau 'Marked himself safe' akan ditampilkan di bawah nama, sedangkan jika belum, nantinya akan muncul teks hitam bertuliskan 'Not marked safe yet'.

Guna mempermudah, pengguna Facebook pun juga bisa mengetikkan nama akun teman yang ingin mereka di kolom pencarian di pojok kanan atas.

Namun, jika keluarga ataupun temanmu belum muncul di daftar 'Marked himself safe', cobalah berpikir positif karena mereka belum tentu juga dalam kondisi nggak aman.

Hal ini disebabkan penggunaan fitur safety check yang masih memerlukan koneksi internet dan biasanya di tempat terjadinya bencana butuh beberapa waktu sampai jaringan komunikasi kembali pulih.

Ya, semoga dengan adanya fitur safety check di Facebook bisa mempermudahkan kita dalam mencari informasi mengenai keluarga atau teman yang sedang berada di lokasi bencana ya sob, dan buat kalian yang pengen coba bisa langsung klik di sini.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest