Follow Us

Ini Dia 8 Komponen Kendaraan yang Mesti Rutin Diganti

Agung Mustika - Kamis, 16 Agustus 2018 | 09:56
Motor itu perlu diperhatikan komponennya
iStockphoto

Motor itu perlu diperhatikan komponennya

HAI-Online.com - Kalo punya kendaraan jelas kita juga semacam punya tanggungan. Kita mesti kasih perawatan biar motor atau mobil lo tetap prima dan bebas masalah.

Perawatan yang dilakukan salah satunya dengan rutin ganti suka cadang yang relatif mesti ganti. Makanya mesti sering dicek, sob.

Dilansir dari Kompas.com, ini dia 8 komponen kendaraan yang mesti rutin dicek dan diganti.

1. Oli Mesin

Baik sepeda motor atau mobil, oli mesin ini perannya vital, sob. Oli mesin punya peran sebagai pelumas kinerja di dalam mesin. Hmmm, kalo diibaratin, nih, oli mesin itu semacam darah di tubuh manusia.

Bayangin kalo darah di dalem tubuh lo nggak ngalir, mampet, atau makin dikit. Nah, oli mesin juga gitu. Kalo oli mesin udah nggak licin, warnanya makin hitam, dan makin dikit harus buruan ganti.

Ya kalo emang pemakaian rutin tiap hari, paling nggak sebulan sekalilah ganti oli.

2. Busi

Suku cadang yang satu ini emang kecil. Tapi kalo udah bermasalah, nyusahin juga, sob. Busi berfungsi memantik api biar pembakaran mesin bekerja. Kalo udah kotor mending diganti jangan dibersihin.

Penggantian busi biasanya dilakukan kalo kendaraan udah menempuh jarak 20.000 km dan 50.000 km.

BACA JUGA: Ketika Senior Menjawab Hal-hal Yang Ditakuti Anak Baru Di Sekolah

3. Aki

Aki dalam kendaraan bermotor harus bekerja dengan normal. Aki ini berfungsi ngoperasiin sistem kelistrikan motor. Kalo lo pake aki basah harus rutin dicek kondisi air akinya.

Kalo aki kering biasanya kendaraan biasanya harus diganti tiap 1,5-2 tahun sekali. Itu pun kalo pemakaiannya rutin.

4. Lampu kendaraan

Lampu kendaraan juga punya umur maksimal pemakaian. Biasanya lampu bakalan rusak kalo ngalamin masalah kelistrikan dari aki, atau kesalahan pemasangan. Biasanya lampu kendaraan harus diganti 1,5 - 2 tahun maksimal pemakaian.

5. Kanvas Rem dan bagian kaki kendaraan

Bagian rem nggak boleh dianggap remeh. Makanya mesti rutin diganti kalo kanvas rem udah mulai tipis. Penggantian kanvas rem biasanya dilakuin tiap 20.000 km.

Nah, kalo ngecek kanvas rem mobil sekalian periksa juga bagian kaki-kaki kendaraan. Bagian seperti tie rod, suspensi dan bushing rentan rusak karena jalanan yang dilalui. Komponen ini wajib ganti kalo terjadi masalah.

6. Kanvas kopling

Buat lo yang pake motor sport atau mobil manual, harus rutin juga ngecek kanvas kopling. Kanvas kopling bakalan habis sesuai kondisi jalanan yang sering dihadapi. Penggantian kanvas kopling disaranin dicek saat memasuki 10.000, 50.000 atau pemeriksaan saat perawatan rutin kendaraan.

7. Filter

Bagian filter pada kendaraan biasanya punya usia pakai yang relatif rendah. Fungsinya buat jaga kualitas bahan yang digunakan kendaraan sesuai standar. Filter juga wajib diganti secara berkala. Filter yang kerap diganti adalah filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin kabin kendaraan. Rata-rata filter tersebut diganti saat 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km dan 50.000 km.

8. Ban

Ban bakalan sering ganti biasa disebabkan faktor eksternal dan internal. Faktor eksternalnya kalo lo hobi hantem jalan rusak ya bakalan cepet botak juga ban. Faktor internalnya antara kelebihan atau kekurangan tekanan bannya, sob.

Biasanya ban bakalan ganti tiga tahun sekali atau batas maksimal pemakaian 40.000 km.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest