Follow Us

Young Lex: Bullying Itu Kayak Nyicil Barang Mahal

Alvin Bahar - Jumat, 04 Mei 2018 | 11:15
Young Lex
Alvin Bahar

Young Lex

HAI-ONLINE.COM - Young Lex, penyanyi rap dan YouTubers, mengibaratkan tindakan bullying seperti menyicil barang mahal yang akan terus terasa dalam jangka waktu lama. "Kalau mengambil perumpamaan, bullying tuh kayak nyicil barang mahal. Kalau bullying, kayak lu investasi bad emotions ke orang dalam jangka waktu yang lama dan itu akan membentuk karakter seseorang," ujar Young Lex saat ditemui di Kopi Johny, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (4/5/2018).

"Itu menurut gue bahaya banget, nggak kelihatan dampaknya secara jangka pendek. Kalau penjambretan, pemukulan kayak beli cash, langsung terasa. Bullying nggak, nggak kelihatan," tambahnya.

Dampak terburuknya, lanjut Young Lex, korban bullying bisa mengalami depresi hingga nekat bunuh diri. Pelantun "Office Boy" ini memberi contoh sejumlah selebritas dunia ada yang bunuh diri akibat bullying. Salah satunya, di industri hiburan Korea Selatan.

Young Lex
"Banyak artis Korea yang bunuh diri, mungkin dia nggak siap terkenal, mungkin karena bullying. Artis Korea ini pacaran sama ini, fans ini nggak suka fans itu nggak duka, di-bully, bunuh diri. Karena dia mungkin dia belum siap," ujarnya.

Young Lex mengatakan bahwa tiap orang berbeda-beda, ada yang sensitif ada pula nggak peduli dengan caci maki orang lain. Ia salah satunya yang nggak peduli omongan negatif orang-orang terhadapnya.

"Terlalu ngabisin energi mau dia nge-bully segala macam. Yang nge-bully ditangkap buat ngasih pelajaran, buktinya tetap ada lagi kok yang bully. Jadi kita ngapain?" kata Young Lex. "Untungnya gue nggak pernah sih sampai depresi. Mau bully gue di dunia maya silakan. Karena gue hidup di dunia nyata. Di dunia nyata gue bahagia, ngapain di dunia maya gue stres," ucapnya lagi.

Young Lex menyuarakan kampanye anti-bullying melalui lagu karyanya, "Jangan Dianggap Remeh". Lagu itu jadi soundtrack film bergenre thriller bertajuk AIB #Cyberbully. "Waktu itu gue diminta untuk mengisi soundtrack tentang bullying, gue sangat tertarik. Topik ini akan terus jadi trending selama adanya era digital dan apalagi gue juga pernah mengalaminya," katanya beberapa waktu lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Young Lex: Bullying Itu Kayak Nyicil Emosi Buruk ke Orang, Bahaya Banget".

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest