Follow Us

Kenapa sih Rupiah Bisa Selemah Ini? Sekarang 1 Dollar AS Senilai Rp 13.900, Sob!

Rizki Ramadan - Senin, 23 April 2018 | 06:15
(Ilustrasi) uang Dollar As
Rizki Ramadan

(Ilustrasi) uang Dollar As

HAI-online.com - Nilai tukar rupiah dalam seminggu ini merosot banget, sob! Bahkan, hampir nyentuh angka yang paling rendah.

Menurut data Bloomberg yang dikutip Kompas.com, hingga pukul 11.45 WIB, rupiah ada di posisi Rp 13.921 per dolar AS, merosot 0,13% dari minggu lalu yang udah ada di Rp 13.893.

Kalau dilihat dari sejarah, posisi rupiah yang serendah ini terakhir kali terlihat pada 2016 lalu.

Kenapa, sih, bisa terjadi?

Pihak Bank Indonesia, sih, bilang kalau ini terjadi karena pengaruh dari luar.

"Tekanan yang muncul dinamika global di AS menjadi faktor, menyebar ke semua mata uang emerging (negara-negara berkembang)," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo, Jumat (20/4), kepada Kompas.com

Sementara faktor dari dalam negeri yang ikut memengaruhi adalah membesarnya defisit transaksi berjalan selama 2018 dibandingkan tahun lalu. Maklum, impor bahan baku dan barang modal kita meningkat, tuh. Selain itu, penyebab lainnya adalah adanya kemungkinan kenaikan harga minyak dunia yang naik.

Wah, terus harga BBM juga bisa naik, dong?

"Tapi rencana pemerintah tidak menaikkan (harga) BBM bersubsidi juga menjadi salah satu poin menjaga daya beli," tutur Dody.

Fiuh!

Pelemahan Kurs Juga Dialami Negara Lain

VP Economist PT Bank Permata Tbk Josua Pardede menjelaskan kepada Kompas.com bahwa nggak cuma rupiah aja, kok, yang melemah. Mata uang di negara-negara Asia lain juga kena imbasnya.

Menurut Pak Josua, pelemahan ini masih akan terus terjadi seiring dengan situasi ekonomi di AS.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest