Follow Us

Nggak Dapet SNMPTN? Jangan Sedih, Coba 3 Jurusan Favorit Alternatif Ini

- Kamis, 19 April 2018 | 07:15
Suasana SBMPTN
Hai Online

Suasana SBMPTN

HAI-Online.com - Buat lo yang belum "dapet" kuliah lewat SNMPTN nggak apa-apa. Saatnya move on dan bersiap untuk tes SBMPTN. Nggak cuma belajar yang rajin, tapi lo juga mesti atur strategi. Salah satunya dengan paham jurusan-jurusan favorit dan tingkat persaingannya nih.

Berdasar sumber resmi dari panitia SBMPTN 2018, ada tiga program studi (prodi) favorit peserta nih, yaitu Kedokteran, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Teknik Sipil. Ketiga prodi itu punya persaingan sangat tinggi terutama di empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit sob, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mad (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Diponegoro (Undip).

CEK JUGA NIH: 4 Tips agar Orang Tua Setuju dengan Jurusan Kuliah yang Kita Pilih

Nggak pake lama, langsyng coba, aja, nih. Berikut daftar ketersediaan kursi dan tingkat persaingan prodi favorit ke empat PTN itu:

UI

Prodi Pendidikan Dokter jadi pilihan terbanyak di SBMPTN 2017. Ada 4.041 pemilih meskipun hanya tersedia 126 kursi. Disusul Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan 2.413 peminat, meskipun hanya tersedia 105 kursi. Posisi ketiga Prodi Sistem Informatika yang diminati 2.254 kursi, meskipun harnya tersedia 91 kursi.

UGM

Prodi Kedokteran jadi prodi dengan peminat paling besar, yakni 3.777 orang meskipun hanya tersedia 70 kursi. Selanjutnya disusul prodi Farmasi dengan 2.917 peminat sedangkan kusi yang tersedia hanya 96. Ketiga ada prodi Teknik Sipil dengan 2.565 peminat sedangkan kursi hanya ada 66.

ITB

Jurusan yang paling diminati di ITB, yakni Teknik Elektro dan Informatika dengan 4.215 peminat sedangkan hanya ada 168 kursi. Selanjutnya ada Teknik mesin Dirgantara dengan 3.043 peminat, sedangkan hanya ada 120 kursi. Posisi selanjutnya ada Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan 2.889 peminat, mskipun hanya ada 132 kursi

Undip

Di Undip, Prodi Kedokteran jadi prodi paling banyak peminat dengan 3.647 peserta walupun hany ada 86 kursi. Selanjutnya ada Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan 2.906 peminat, meskipun hanya ada 58 kursi. Posisi ketiga ialah Teknik Sipil dengan 2.774 peminat yang memprebutkan 70 kursi.

Lo juga bisa bro cek data prodi, ketersediaan kursi, dan jumlah peminatnya melalui laman resmi SBMPTN di http://www.sbmptn.ac.id

http://www.sbmptn.ac.id.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini 3 Jurusan Favorit dan Tingkat Persaingannya!",

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest