Follow Us

Terinspirasi James Bond, Abang Bakso Ini Berjualan Selalu Mengenakan Jas Rapih

Rizki Ramadan - Kamis, 08 Maret 2018 | 04:30
Rinto, abang bakso yang jualan rapih dengan jas
Rizki Ramadan

Rinto, abang bakso yang jualan rapih dengan jas

HAI-online.com - Pernah kebayang nggak, kalau James Bond jualan bakso? Well, itu nggak mungkin terwujud sih kayaknya. Tapi, senggaknya melihat Rinto Daeng Sitaba (32) ini berjualan akan membuatmu dapat menggambarkannya.

Rinto adalah seorang pedagang bakso keliling di Makassar. Beda dengan pedagang bakso lainnya, Rinto selalu mengenakan jas, kemeja berdasi, celana bahan, dan sepatu pantovel, sebagaimana karyawan kantoran.

Ia menyatakan bahwa penampilannya yang rapih itu terinspirasi James Bond

"Saya memang suka bersih dan rapi. Ini juga saya terinspirasi dengan gayanya James Bond. Itu idolaku sejak kecil hingga kini. Semua film-film James Bond yang versi dulu sampai sekarang sudah saya nonton berulang-ulang kali," ungkapnya saat ditemui di rumah sepupunya yang juga menjadi tempat tinggalnya, Rabu (7/3/2018).

BACA JUGA: Dengan Jiwa Punk dan Semangat DIY, Mantan Anak Jalanan Ini Kini Jadi Pengusaha Sablon Sukses!

Pria yang udah jualan bakso sejak 18 tahun ini bahkan ngerasa nggak nyaman jualan kalau nggak bersih dan rapih.

Ternyata, ini karena sejak kecil Rinto selalu dididik jadi orang yang rapih oleh almarhumah ibunya, Bambo Daeng Rannu.

Dulu, ibunya ingin Rinto menjadi tentanra. Namun, cita-citanya kandasa.

"Waktu kecil, ibu selalu elus-elus kepalaku dan mengatakan kamu jadi tentara ya, Nak. Tapi cita-cita itu kandas, karena saya putus sekolah dan harus mengurus diriku sendiri. Sedangkan saudara-saudaraku yang lain terpencar menumpang di rumah keluarga yang lain. Ada sama nenek dan ada pula di keluarga yang lain," tuturnya.

Butuh 1 Jam Untuk Dandan

Untuk bisa dandy seperti ini, Rinto butuh satu jam tuh untuk dandan. Nggak cuma berjas saja, kadang Rinto juga berkeliling dengan menggunakan topi koboi untuk menghindari kotoran atau rambut yang jatuh di makanan.

Rinto punya banyak koleksi topi koboi untuk ia pakai setiap hari. Begitu juga dengan koleksi sepatu kulitnya.

Walau terkesan istimewa penampilannya, bakso yang dijualnya itu tetap murah, bro. Semangkok berkisar Rp5.000 sampai Rp10.000

Mau dong, Mas Rinto!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Mas Rinto, Tukang Bakso Berdasi yang Terinspirasi James Bond", Penulis : Hendro Cipto

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest