Follow Us

Mau Mengikuti Tren Minum Susu UHT Yang Dibekukan? Siap-siap Dengan Konsekuensinya Ini

Rizki Ramadan - Jumat, 26 Januari 2018 | 08:30
Susu UHT Beku Sehat Nggak
Rizki Ramadan

Susu UHT Beku Sehat Nggak

HAI-online.com - Seperti yang kita ketahui, susu UHT memang memiliki nilai gizi yang tinggi. Nah, saat ini lagi tren banget lho minum susu UHT tapi dalam bentuk yang udah beku. Yap, semacam es krim gitu lho. Terus, aman nggak sih untuk tubuh kita kalau mengonsumsinya? Dilansir dari rd.com, susu UHT merupakan susu yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi 140 derajat celcius dan dalam waktu singkat sekitar 2 hingga 5 detik.

Pemanasan yang dialami dalam prosesnya mematikan seluruh mikroorganisme baik mikroorganisme pembusuk maupun patogen dan juga spora.

Selain itu, proses pemanasan yang singkat memiliki maksud menurunkan kerusakan nilai gizi susu serta mendapatkan warna dan aroma rasa yang tidak berubah.

Box atau kardus susu UHT juga aman karena dikemas menggunakan enam lapis kertas, plastik polyethylene, dan alumunium foil yang mampu melindungi susu dari udara luar, cahaya, kelembaban, aroma luar, dan bakteri.

Oleh karena itu, susu UHT mampu bertahan sampai 10 bulan tanpa pengawet.

Terus, gimana nih kalau susu UHT dibekukan? Lebih tahan lamakah? Atau justru mengurangi nilai gizinya?

Dilansir dari lifehack, susu UHT sebaiknya jangan dibekukan atau disimpan di dalam freezer dalam waktu yang cukup lama.

Membekukan atau menyimpan susu UHT ke dalam freezer dalam waktu yang cukup lama akan mengurangi kandungan nutrisi susu segar yang alami.

Kandungan bakteri memang nggak akan berkurang saat susu UHT dibekukan, namun jika ingin mengonsumsi susu UHT dalam bentuk susu yang masih segar, sebaiknya cukup didinginkan ke dalam kulkas saja dan jangan dibekukan.

Kesimpulannya nih, susu UHT yang dibekukan memang nggak membahayakan kesehatan, namun kandungan nutrisinya akan berkurang.

Jadi, apakah kamu masih ingin minum susu UHT beku?

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Artikel ini pernah tayang di nova.grid.id dengan judul "Sedang Marak Minum Susu UHT Beku, Sehat Enggak ya?"

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest