Follow Us

Agar Keindahan Laut Tetap Terjaga, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Snorkeling

Rizki Ramadan - Senin, 11 Desember 2017 | 02:30
Snorkeling
Rizki Ramadan

Snorkeling

HAI-online.com - Menikmati keindahan alam bawah laut memang memiliki rasa “puas” tersendiri, terutama bagi kamu para pecinta destinasi laut. Tak jarang, snorkeling adalah salah satu hal yang wajib dilakukan jika kamu memilih laut sebagai destinasi wisatamu.

Nah, untuk tetap menjaga keindahan bawah laut tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut HAI rangkum dalam 5 tips agar snorkeling tetap ramah lingkungan :

1. Mengurangi Kontak dengan Organisme Laut

Saat snorkeling, kamu dilarang untuk mengambil benda hidup ataupun mati dari air kecuali sampah yang tidak menjadi tempat tinggal organisme. Kamu juga dilarang untuk memberi makan satwa laut kecuali di bawah pengawasan ahlinya dan mengikuti peraturan setempat. Satu hal yang terpenting adalah hindari mengusik satwa laut apa pun.

2. Pertahankan Jarak Aman Kamu dengan Terumbu Karang

Selalu perhatikan posisi kaki katak kamu setiap waktu. Jangan sampai menyentuh terumbu karang dan mengibas pasir. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir organisme yang dapat rusak tanpa kamu sadari saat snorkeling

3. Kuasai Kemampuan Berenang

Nah, dengan kamu menguasai kemampuan berenang maka kamu dapat mengontrol pergerakan di bawah laut. Hal ini dapat mengurangi kontak terhadap organisme-organisme di bawah laut.

4. Memperhatikan Kelengkapan Alat Snorkeling

Pastikan kembali bahwa alat-alat snorkeling yang akan kamu gunakan dapat berfungsi dengan baik. Jangan membuat kamu tidak nyaman saat sedang snorkeling. Nah, bagi kamu yang merasa ragu atau belum pernah snorkeling sebelumnya, disarankan untuk menggunakan pelampung ya!

5. Mendukung Daerah Konservasi Tempat Kamu Snorkeling

Setelah kamu selesai snorkeling, coba deh ikut beberapa kegiatan setempat yang bertujuan untuk menjaga keindahan laut tersebut. Misalnya, berpartisipasi kegiatan bersih-bersih laut dan pantai. Dengan demikian, kamu pun ikut membantu menjaga kelangsungan organisme laut.

Jadi mulai sekarang, yuk terapkan snorkeling ramah lingkungan!

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Source : kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest