Follow Us

Hati-hati, 5 Penyakit Ini Bisa Menyerang Orang yang Jarang Minum Air Mineral

- Kamis, 09 November 2017 | 12:15
Perbanyak  Minum Air Putih
Hai Online

Perbanyak Minum Air Putih

HAI-ONLINE.COM – Tubuh manusia itu terdiri air dan oksigen, terutama air yang terdiri 60 persen. Terus, apa jadinya kalo tubuh kita kekurangan air? Manusia hanya bisa bertahan dalam tiga hari tanpa minum air, lebih pendek dari kita gak makan.

Air dalam tubuh bertanggung jawab untuk fungsi dari seluruh sistem organ tubuh, melarutkan mineral, mengatur suhu tubuh, meringankan beban ginjal dan hati dalam melarutkan sisa metabolisme, dan juga bertugas membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan sel.

Seenggaknya, manusia itu butuh mengkonsumsi delapan gelas air putih dalam sehari. Kalo Tubuh kita mengalami kekurangan cairan, maka kita akan merasakan gejala dehidrasi, seperti pusing, kulit kering, depresi, tak bisa konsentrasi, lemas dan warna air seni yang berwarna keruh. Jadi, jika kamu mengalami hal-hal tersebut, mungkin kamu mengalami dehidrasi, dan butuh minum air secepatnya.

Nah kalo kita kekurangan air minum akan berakibat kayak gini nih:

Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kita kurang mendapatkan cairan dalam tubuh, biasanya disebabkan karena kita gak minum selama kerja berat atau saat melakukan olahraga.

Radang sendi

Tulang rawan ditiap persendian terdiri dari 80 persen air, kalau kita tidak cukup minum air putih bisa maka pelumasan pada sendi akan berkurang dan menghasilkan gesekan yang lebih besar. Air juga membantu menjaga sendi agar tetap terlumasi dengan baik, dan mengurangi nyeri karena arthritis.

Tekanan Darah Tinggi

Kurangnya asupan air dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan beberapa pembuluh kapiler menutup, sehingga mengakibatkan pembatasan pergerakan darah. Jika aliran darah ke ginjal dibatasi karena kekurangan air, maka ini akan bereaksi dengan konstruksi pembuluh darah dan arteri yang membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Memperburuk kondisi kulit

Dari dehidrasi maka akan memperburuk kondisi kulit. Kurangnya kadar air dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kondisi kulit, dimana resistensi dan fungsi enzim tidak bekerja optimal, sehingga struktur lapisan kulit luar akan memburuk dan menyebabkan kulit kering dan kasar.

Ginjal

Kebanyakan orang pada zaman sekarang lebih banyak mengkonsumsi kopi atau teh, dan kurang minum air putih hal inilah yang mengarah kepada penyakit ginjal. Ginjal adalah organ penting dalam sistem kemih, yang bertugas untuk menyaring racun dalam darah karena metabolisme, dan mendistribusikannya kembali darah yang telah bersih kembali keseluruh tubuh. Jika kekurangan cairan, ginjal akan semakin keras bekerja, dan sisa kotoran akan menumpuk pada ginjal karena tak bisa dikeluarkan dengan baik melalui sistem kemih.

Nah guys, mulai sekarang biasakan minum air putih secukupnya setiap hari agar tubuh kita nggak merasakan penyakit-penyakit yang barusan dijelasin! Kalo akut kembung, kamu bisa juga mendapatkannya dari sayur dan buah-buahan. Gih beli air sana! (Ikka Pratiwi)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest