Follow Us

Ikan Hiu Langka yang Hampir Punah Ditemukan di Indonesia, Matanya Warna Ungu

Fadli Adzani - Jumat, 06 Oktober 2017 | 07:59
Ikan hiu langka
Fadli Adzani

Ikan hiu langka

Indonesia memang memiliki wilayah perairan yang luar biasa.

Selain keindahan lautnya yang sudah diakui dunia internasional, biota lautnya pun sangat kaya dan beragam.

Baru-baru ini, di Minahasa, tepatnya di Pantai Kalasey, ditemukan seekor hiu yang langka dan hampir punah.

Ikan hiu langka
Sebagaimana dilansir Kompas.com, seorang polisi berpangkat Aiptu bernama Jeffry Nggala, menemukan hiu itu dalam keadaan matanya berwarna ungu.

Namun sayang, hiu itu ditemukan ketika sudah mati. Tapi, penemuan ini tentu saja sangat berharga untuk para peneliti yang bisa mengungkap informasi penting untuk pendidikan.

"Waktu saya temukan, matanya berwarna ungu," kata Nggala.

Sang penemu ikan itu
Ternyata, Nggala pun kepo akan hasil ikan temuannya itu. Makanya, dia langsung cek ke google, dan menemukan kalau ikan hiu itu adalah jenis Oxynotus Brunensis yang hampir punah.

Peneliti hiu dari Pusat Penelitian Oseanografi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Fahmi, menegaskan bahwa ikan hiu itu bisa saja disebut sebagai penemuan baru.

"Saat ini, spesimen sementara diinapkan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, dan direncanakan akan dilakukan 'otopsi' oleh tim pakar Unsrat dan kerabat pakar dalam waktu dekat," katanya.

Artikel ini sudah tayang terlebih dahulu di Kompas.com dengan judul "Ini Penampakan Ikan Langka yang Ditemukan di Minahasa".

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest