Follow Us

Di Indonesia Sekolah Akan 8 Jam. Cek Nih Jam Sekolah Di 5 Negara. Ada Yang Sehari Sekolah 12 Jam!

Rizki Ramadan - Kamis, 15 Juni 2017 | 09:06
infografis jam sekolah di berbagai negara
Rizki Ramadan

infografis jam sekolah di berbagai negara

Kalo kita bahas durasi jam sekolah, pasti langsung inget betapa lama nya durasi kita sekolah. Masuk pukul 06.30 pagi terus pulang pukul 15.00, belom lagi kalo jalan ke sekolah itu adalah daerah macet. Nggak bisa dipungkiri lagi, belum juga sampe sekolah tapi udah stress duluan.

Perasaan stres bakal nambah kalo tiba-tiba pas lagi macet-macetan inget kalo ada ulangan pas jam pertama. Duh, rasanya mau puter balik dan lanjutin tidur di rumah hahaha. Tapi jangan kayak gitu ya, guys, jangan sampe bolos sekolah cuma karena ada ulangan dadakan di jam pertama.

Baru-baru ini Kemendikbud ngeluarin aturan sekolah bakal 8 jam sehari mulai tahun ajaran 2017-2018. Sejumlah pihak mengkritik tapi ada juga yang setuju. Sebelum menilai, kita cari tau dulu yuk durasi sekolah di negara-negara lain.

SINGAPURA

Mari mulai dari yang paling deket alias negara tetangga, Singapura. Satu-satunya negara maju di kawasan Asia Tenggara ini rupanya memiliki durasi sekolah yang enggak jauh beda sama Indonesia. Masuk sekolah pukul 07.30 dan pulang pukul 15.00. Enggak jauh beda kan sama kita? Hanya aja di Singapura masuknya lebih siang, jadi kita enggak perlu berangkat ke sekolah sebelum matahari terbit dan hari masuknya pun sama dari Senin sampai Jumat.

KOREA SELATAN

Negara yang merupakan rumah bagi para boybands dan girlbands ini ternyata punya durasi masuk sekolah hampir sama loh, guys. Masuk pukul 0.00 dan pulang pukul 16.30 yang artinya SMA disana durasi belajarnya kurang lebih 8 jam. Belum lagi kalo ada kelas tambahan, bisa sampai pukul 21.00 loh, guys. mantep bener! Hari masuk nya pun lebih lama, dari Senin sampai Sabtu. Tuh, guys, kita harus bersyukur kalo di Indonesia cuma sampai Jumat aja.

CINA

Negara asal smartphone merk Xiaomi ini punya jam sekolah yang ekstrim banget, guys! Masuk pukul 06.30 dan pulangnya pukul 19.00. 12 jam, bro! Buat lo yang sering ngeluh kalo sekolah disini kelamaan, lo harus berenti ngeluh bro, karena di Cina sampe 12 jam, belum lagi kalo ada kelas tambahan. Bisa sampai jam 22.30, loh! Coba deh bayangin rasanya jadi pelajar di Cina. Sekolah 7 jam aja udah stress, apalagi 12 jam. haduh.

JEPANG

Dari Cina, kita pergi ke arah timur. Negara yang dikenal dengan Negeri Sakura ini juga cukup panjang loh durasi belajarnya. Masuk dari pukul 08.30 dan pulang pukul 19.00 membuat negara asal anime dan AKB48 masuk kedalam jajaran negara dengan durasi sekolah terpanjang. Tapi, pasti gak bakal berasa deh, karena banyak banget cewek-cewek kawaii alias imut di kelas yang bikin lupa waktu. hahaha.

AMERIKA SERIKAT

Negara yang punya Negeri Paman Sam ini punya jam sekolah yang lebih pendek dari semua daftar negara-negara diatas. Masuk pukul 08.15 dan pulang pukul 15.15 yang artinya di Amerika Pelajar SMA hanya belajar selama 7 jam. Nah, yang lebih keren nya lagi, kalo di Amerika Amerika kita sekolah enggak perlu pake seragam alias pake baju bebas. tapi harus sopan, ya guys.

Nah, gimana nih setelah tau durasi sekolah di berbagai negara di luar sana? Ada niatan mau pindah? atau masih betah di sini?

(Penulis: Dio Firdaus)

Editor : Rizki Ramadan

Latest