Follow Us

Anak Metal Mana Suaranya? Ternyata Screaming dan Growling Nggak Merusak Pita Suara. Asalkan..

Rizki Ramadan - Selasa, 06 Maret 2018 | 11:34
Pita Suara kita nggak rusak kalau berteriak menyanyikan lagu metal
Rizki Ramadan

Pita Suara kita nggak rusak kalau berteriak menyanyikan lagu metal

Hai-online.com - Banyak yang mengira, berteriak-teriak menyanyikan lagu metal itu bikin suara kita akan rusak. Tapi nyatanya, penelitian membuktikan bahwa screaming dan growling nggak merusak pita suara begitu saja, kok.

Seorang dokter dari San Fransisco yang bernama Dr. Krzysztof Izdebski dari Pacific Voice and Speech Foundation, yang kerap menangani pasien kerusakan pita suara, percaya bahwa sebenernya manusia itu sanggup berteriak seperti vokalis band metal, bahkan sejak dari bayi.

"Setiap bayi kecil bisa bersuara: suara teriak, suaragrowiling, suara melengking hingga nada rendah, dan kupikir, kita sudah memelajarinya sejak awal. Kita memiliki kemampuan itu tapi kita kehilangannya. Pasien yang menderita (pita suara rusak) itu nggak belajar caranya," kata Dr. Izdebski kepada Inside Science.

(BACA: Walau Suaranya Samar-samar, Tapi Bassist Adalah Posisi Paling Penting di Band. Penelitian Membuktikannya)

Untuk menjelaskannya, Dr. Izdebski sampai merekam apa yang terjadi pada pita suara vokalis band metal saat growiling. Ia menggunakan kamera super kecil namun tajam hasilnya yang ditaruh di dalam tenggorokan. Ternyata, dua belah pita suara sang vokalis itu nggak pernah bertabrakan. Itulah mengapa pita suaranya baik-baik saja.

"Rekaman itu menunjukkan bahwa suara dihasilkan oleh stuktur di atas celah suara. Jadi, vokalnya membuka dan menggetarkan tapi tidak bertabrakan. Dan bagian yang menyakitkan di atasnya itu menepuk-nepuk dan bergoyang dan membuat getaran, membuat orkestrasi akustik. Itulah area yang lengang. Udara yang masuk lewat situ menghasilkan turbulansi. Turbulansi itu menghasilkan suara," lanjut sang Dokter.

Jika benturan itu terjadi, dan sampai menyentuh bagian pangkal tenggorokan, barulah suara kita akan rusak.

Tonton deh, videonya di sini:

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular