Follow Us

Cerita Masa Remaja Dave Grohl: Pernah Di-Prank Ibunya Untuk Manggung Di Klab Jazz. Kocak!

Rizki Ramadan - Selasa, 25 April 2017 | 03:00
Dave Grohl saat remaja bersama ibunya (foto:  Courtesy Hodder)
Rizki Ramadan

Dave Grohl saat remaja bersama ibunya (foto: Courtesy Hodder)

Nggak banyak orangtua yang suka dengan musik rock, apalagi kalau anaknya yang menjadi band yang membawakannya. Tapi, itu nggak terjadi di Dave Grohl. Bahkan, nyokapnya adalah sosok penting yang bikin pentolan Foo Fighter ini jadi sesukses sekarang.

Grohl inget banget tuh momen pentingnya saat remaja. Bagi banyak orang, panggung pertama adalah panggung paling mengerikan. Bikin grogi nggak ketolong. Dave Grohl juga merasakan itu. Ia menceritakan ini di sebuah talk show yang dilakoni ia dan ibunya, Virginia Hanlon Grohl, di acara Los Angeles Times Festival Of Books

Sang nyokap adalah tipe nyokap yang ngedukung banget bakat musik anaknya. Bahkan, aksi panggung pertama Dave Grohl bisa terjadi karena permintaan nyokapnya.

Saat masih remaja, Dave Grohl dan keluarganya sering jalan-jalan. Nah, saat itu, mereka main ke sebuah klab jazz di Washington D.C. klabnya kecil dan nggak rame. Mereka yang datang untuk menonton pun paling hanya 30-40 orang, cerita Dave.

Nggak disangka-sangka, nyokapnya yang saat itu sedang berulang tahun, iseng minta hadiah spesial dari Dave Grohl.

“Tahukah kamu apa yang aku mau untuk ulang tahunku? Aku ingin kamu naik ke panggung itu dan memainkan drum,” kata Grohl meniru ucapan nyokapnya dulu.

Tentu Grohl kaget, saat itu ia baru satu tahun belajar drum. Dan yang ia pelajari adalah musik-musik punk keluaran label Minor Threat. Dandanannya pun, punk banget deh.

“Saat itu gue juga belum punya drum. Gue latihan ngedrum di bantal dan kasur,” kata Dave.

Klab jazz yang memang memperlakukan open stage itu membolehkan siapapun untukmengajukan diri ikut ngejam di panggung.

“Ya tuhan, semoga ini nggak terjadi,” ujar Dave mengingat apa yang dikatakannya dulu.

Dengan wajah ketakutan, Dave akhirnya mendaftarkan namanya. Dan nggak disangka, ia akhirnya dipanggil naik ke panggung. Yang ia lakukan di atas panggung jazz itu adalah memainkan drum dengan bunyi hi hat yang lebih kentara.

Oh ya, untuk yang belum tahu, Virgina Hanlon Grohl, baru saja merilis buku berjudul From Cradle to Stage: Stories from the Mothers Who Rocked and Raised Rock Stars. Di bukunya itu, ia menuliskan hasil wawancaranya dengan ibu dari Dr. Dre, Adam Lavine, Michael Stipe, dan sejumlah musisi besar lainnya.

Simak sendiri deh rekaman talk show mereka berdua ini:

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest