Follow Us

Antara La La Land, Senbatsu Sousenkyo dan Frieska JKT48.

Rizki Ramadan - Senin, 10 April 2017 | 07:00
FrieskaJKT48 Tetap Utamakan Sekolah
Rizki Ramadan

FrieskaJKT48 Tetap Utamakan Sekolah

Jika kamu menonton film La La Land dan sangat menyukai senyuman Mia Dolan dan Sebastian Widler di ending film tersebut maka kemungkinan kamu sepakat jika saya menyebut bahwa La La Land adalah salah satu film terbaik tahun ini.

Mendapat 14 Nominasi Oscar 2017 dan menyamai rekor film legendaris Titanic sebagai film yang mendapatkan nominasi terbanyak di ajang Oscar tentu adalah sebuah pembuktian betapa luar biasanya film musikal arahan Damien Chezelle ini.

Premis film ini sebetulnya sangat sederhana yakni tentang 2 sejoli yang berjuang meraih cita-cita mereka setelah seringkali menemui kegagalan dan bagaimana usaha serta kerja keras mereka membawa mereka ke sebuah takdir. Namun bagaimana cara Damien Chezelle mengeksekusi film ini lah yang jauh membedakan antara La La Land dengan film-film dengan tema serupa.

Melihat bagaimana Mia dan Sebastian berjuang untuk meraih cita-citanya, saya otomatis teringat bagaimana perjuangan Frieska Anastasia Laksani untuk mengisi line up member (Senbatsu) di setiap single lagu JKT48.

Sudah 5 tahun Frieska menjadi member JKT48 dan selayaknya Mia yang berkali-kali dtolak pada audisinya, pun selama itu pula Frieska “ditolak” oleh JOT untuk meraih posisi member yang membawakan single lagu di JKT48.

Total ada 15 single utama dari JKT48 yang dikeluarkan mereka semenjak Idol Grup ini memulai karirnya di ranah musik Indonesia tapi tak sekalipun Frieska terpilih menjadi Senbatsu di single-single lagu tersebut. Padahal kita semua tahu bahwa Frieksa adalah salah member generasi pertama di awal pembentukan JKT48 yang dari awalnya kurang dikenal sampai sekarang JKT48 cukup besar hingga masih bertahan ketika Grup Boyband/Girlband yang muncul di tahun yang sama ketika trend musik Indonesia begitu kencang mengadopsi musik K-Pop mulai berjatuhan.

Setiap tahunnya JKT48 selalu membuka audisi untuk member-member baru di setiap generasinya. Dan ketika melihat fakta bahwa jumlah member saat ini mencapai 67 orang dari 5 Generasi, maka rasa-rasanya semakin sulitlah harapan Frieksa untuk mencapai posisi Senbatsu yang udah jadi cita-citanya selama ini.

Terlebih di single terbaru kita bisa melihat member-member dari generasi terbaru yang lebih fresh dan berbakat sengaja dimunculkan dan mengisi posisi Senbatsu tentu dengan tujuan seperti untuk dipersiapkan sebagai member-member yang nantinya kelak akan menjadi tulang punggung JKT48 di tahun-tahun mendatang. Karir Frieska sepertinya mendekati akhir perjuangannya.

Pikiran yang sama terlintas di kepala saya ketika melihat rentetan-rentetan kegagalan Mia dan Sebastian yang diolah dengan sangat apik oleh Chezelle seperti mengarahkan penonton pada kenyataan bahwa seharusnya karir mereka sudah berakhir.

Liat saja bagaimana Sebastian, seorang Pianis Jazz berbakat dengan idelisme yang kuat dipaksa memainkan lagu-lagu Natal dengan pianonya sebagai penghibur pada sebuah kafe serta bagaimana dia akhirnya terpaksa bergabung dengan band kecil penghibur di sebuah pesta kecil yang memainkan lagu-lagu yang tentu saja lagu-lagu tersebut seperti lagu “anak-anak” yang jauh dari skill sesunguhnya dari yang bisa dia tampilkan. Atau bagaimana Mia dengan segala usahanya pada setiap casting yang dia ikuti harus selalu menerima semacam ketidakberuntungan yang berujung pada kegagalannya.

Ketidakberuntungan pula yang entah kenapa selalu menghinggap di perjuangan Frieska sejauh ini, pada momen terdekatnya pada posisi Senbatsu di mana dia hanya membutuhkan 1 kali kemenangan dengan peluang 50:50 berhadapan dengan juniornya Vanka pada event Senbatsu Sousenkyo Janken justru kekalahanlah yang harus dia terima.

Kalau saja bisa dibuat momen flasback ketika semua bisa dibuat sesuai keinginan persis seperti bagaimana momen Mia dan Sebastian berandai-andai “Bagaimana Jika” dan berakhir happy ending untuk keduanya. Saya pun seperti ingin berada di samping Frieska di saat janken dan mengarahan dia mengeluarkan batu saja alih-alih mengeluarkan kertas sedangkan Vanka mengeluarkan gunting yang akhirnya membuat dia kembali gagal masuk Senbatsu pertama kalinya.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest