Follow Us

Jangan Abaikan 5 Bau Badan Ini Kalau Nggak Mau Dijauhin Cewek

- Senin, 10 April 2017 | 05:22
10 Tanaman Pengusir Bau Badan
Hai Online

10 Tanaman Pengusir Bau Badan

Setelah berolahraga berat atau memakan makanan berbau kuat, biasanya adalah waktu dimana tubuh mengeluarkan aroma yang nggak sedap. Dalam kebanyakan kasus, bau badan ini bisa kita hilangkan dengan cara mandi yang bersih, menggunakan deodorant, atau menyikat gigi hingga bersih.

Tapi di kasus tertentu, bau badan tersebut nggak mudah dihilangkan. Penyababnya karena bau badan mengindikasikan adanya gangguan pada kesehata tubuh. Bahkan beberapa penyakit bisa memproduksi bau yang unik. Jadi bau bada yang kayak gimana nih yang harus diwaspadai?

1. Bau mulut seperti buah-buahan

Mulut jadi berbau seperti buah adalah salah satu dari simtom diabetes. Ini disebabkan oleh komplikasi diabetes bernama ketosidosis diabetes, yang terjadi ketika tubuh kekurangan insunin dan gula darah meningkat, ujar Robert Gabbya, M.D., Ph.D, pemimpin petugas medis di Joslin Diabetes Center di Boston, AS.

Kita sering kali nggak menyadari bahwa kita memiliki bau mulut, sampai seseoang ada yang ngasih tau. Namun dokter biasanya udah bisa menciumnya begitu kita masuk ruangan. Efek dari komplikasi ini bisa jadi serius, bahkan mengancam nyawa. Ini bisa membuat kita muntah dah buang air kecil secara terus menerus, sehingga membuat tubuh jadi kurang cairan.

2. Bau Kaki

Ketika kita tiba-tiba nggak bisa lagi mengenakan sepatu tertutup karena kaki jadi bau, bisa jadi penyebabnya adalah infeksi jamur. Kalau kamu melihat ada kulit kering dan pecah-pecah di sekitar jari kaki, kemerahan, dan lecet, bisa jadi kamu menderita athlete’s foot. Athlete’s food adalah penyakit kulit yang bisa kita temukan di tempat-tempat olahraga atau gym. Ada baiknya kita selalu melindungi kaki, karena jamur paling suka hidup di tempat lembab.Coba gunakan bedak tabor untuk menjaga kulit tetap kering, atau gunakan semprotan anti jamur.

3. Bau feses

Ketika usus kecil nggak memproduksi enzim lactase dalam jumlah yang cukup, ia jadi nggak bisa memproses laktosa, gula yang ditemukan di dalam produk susu, ujar Ryan Ungaro, M.D, profespr asisten bidang gastroenterology di Mount Sinai Hospital, New York.

Usus kecil akan langsung mengirim laktosa ke usus besar – bukannya aliran darah – dimana bakteri usus akan menfermentasinya. Hal ini bisa menyebabkan feses jadi berbau busuk, perut kembung, dan kentut yang bau.

4. Bau urine

Infeksi saluran kemih bisa memproduksi bau yang sengit, hamper seperti bau obat, pada urine, ini menurut Jamin Brahmbatt, M.D., seorang urolog di Orlando Health, AS. Hal ini terjadi setelah bakteri, seringnya E. coli masuk ke dalam saluran kemih dan uretra. Lalu, mereka berkembang biak di kandung kemih, dan menyebabkan infeksi. Jadi kalau kamu mencium bau urine yang sengit, coba periksakan diri ke dokter.

5. Bau napas

Kalau bau napas pagi hari masih nggak enak, padahal udah gosok gigi secara teratur, bisa jadi kita menderita sleep apnea, gangguan tidur yang membuat napas berhenti dan mulai lagi secara acak. Sleep apnea bisa menyebabkan kita mendengkur parah, membuat kita jadi harus bernapas lewal mulut sepanjang malam. Kondisi ini jadi memungkinkan bakteri untuk berkembang biak lebih cepat. Dan ketika hal ini terjadi, bakteri tadi akan memproduksi gas belerang yang membuat napas jadi berbau seperti telur busuk.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest