Follow Us

Wajib Simak: 4 Tips Untuk Pemilih Pemula dari Najwa Shihab

Alvin Bahar - Senin, 13 Februari 2017 | 11:30
Najwa Shihab
Alvin Bahar

Najwa Shihab

Mulai dari bangun tidur sampai ke sekolah, semuanya berhubungan dengan politik, lho! nggak perlu pusing begitu denger kata 'politik'. Kesannya politik itu terlalu berat buat kita omongin. Tapi sebenarnya politik itu sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti pembuatan kebijakan publik atau aturan-aturan masyarakat. Makanya, nggak boleh sia-siakan suara meskipun kita adalah pemilih pemula.

"Contoh sederhananya, gimana cara kita bisa dapat akses internet yang murah. Dan, hal-hal yang sangat terkait dengan kita. Mulai dari bangun tidur sampai pergi ke jalanan terus tiba di satu tempat, dari kita lahir sampai mati, kita selalu berhubungan dengan kebijakan publik," jelas Najwa.

Makanya, pasti pengin, dong, masa muda dan tua kita bisa berjalan dengan baik? Nah, kita bisa mulai dengan memilih pemimpin yang bisa mewakili kepentingan masyarakat agar pembuatan kebijakan publik pun bisa tepat sasaran. Ini 4 tips untuk pemilih pemula dari Najwa Shihab!

1. Pastikan nama kita terdaftar sebagai pemilih

Pertama, kita harus memastikan nama kita sudah terdaftar sebagai pemilih. Ini bisa dicek di situs www.kpu.go.id, pilih banner Daftar Pemilih, dan masukkan identitas diri kita.

2. Tentukan isu penting

Kira-kira isu apa yang penting buat kita. Apakah isu tentang pendidikan murah? Atau teknologi dan komunikasi? Nah, setelah menentukan isu, kita bisa mencari tahu partai politik mana yang punya tujuan sama dengan kepentingan kita.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Pengertian Quick Count, Exit Poll, dan Real Count

3. Perhatikan calon dan partainya

Para calon gubernur dan wakil gubernur atau pun pemimpin daerah lainnya ini pasti diusung oleh partai politik tertentu. Kita bisa menjadikan ini sebagai bahan dasar pertimbangan, apakah kita satu visi dengan partai politik itu atau nggak. Kalau misalnya kita bingung sama partai politiknya dan merasa mereka punya tujuan yang hampir sama, maka perdalam pengetahuan kita soal calon pemimpin yang mereka usung. Cari tahu calon pemimpin mana yang punya latar belakang yang baik dan bersih. Itu bisa membantu kita menentukan pilihan.

4. Rajin browsing

Salah satu cara untuk mencari tahu tentang visi misi kandidat partai politik adalah dengan browsing. Nah, KPU (Komisi Pemilihan Umum) sudah menyediakan situs khusus yang menyediakan informasi-informasi soal pemilu yang bisa kita akses kapan saja, yaitu di www.kpu.co.id. Atau kita juga bisa mengitu berita-berita terkini tentang para calon pemimpin itu setiap hari.

Editor : Alvin Bahar

Latest