Follow Us

Menurut Penelitian, Ini Dia 10 Suara Yang Paling Dibenci Oleh Manusia, Ada Suara Mantan Nggak Ya?

Dimas Yulian - Senin, 13 Februari 2017 | 07:00
Ini Dia 10 Suara Yang Paling Dibenci Oleh Manusia
Dimas Yulian

Ini Dia 10 Suara Yang Paling Dibenci Oleh Manusia

Suara-suara nggak semuanya indah, ada juga yang dibenci oleh manusia. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of neuroscience, frekuensi suara yang nggak disukasi oleh manusia berkisar di antara 2.000 samapi 5.000 hertz (Hz). Sedangkan normalnya, manusia bisa mendengar suara dari rentang 20 hingga 20.000 Hz.

Dalam penelitian yang dilakukan, ada 74 suara yang diuji dalam studi tersebut. Suara-suara tersebut diuji dan didengarkan oleh para partisipan yang dipantau aktivitas otaknya. Berdasarkan percobaan yang dilakukan setidaknya ada 10 suara yang paling nggak disukai oleh para partisipan.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan juga menemukan alasan mengapa suara yang nggak menyenangkan akan memicu respon yang negative. Ketika kita sedang mendengar suara yang nggak menyenangkan, korteks pendengaran pada area otak yang disebut amigdala akan berinteraksi dan menghasilkan respon yang negatif pula.

Hal ini terjadi karena korteks pendengaran bertugas mengolah suara, sedangkan Amigdala bertanggung jawab di bagian pengolahan. Berdasarkan penelitian tersebut, seperti dikutip dari About.com, ini dia 10 suara yang paling dibenci oleh manusia.

1. Pisau yang dibenturkan pada botol

2. Garpu yang dibenturkan pada gelas

3. Kapur di Papan Tulis

4. Penggaris yang dibenturkan pada botol

5. Jeritan Cewek

6. Kuku di Papan Tulis

7. Suara Penggilingan

8. Rem yang melengking

9. Suara bayi menangis

10. Suara Bor Listrik

Adakah suara tersebut yang juga nggak kamu suka?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest