Follow Us

Begini Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan Waktu Tidur Kamu Dengan Tepat

Dimas Yulian - Senin, 12 Desember 2016 | 05:00
Tidur sesuai keinginan atau kebutuhan?
Dimas Yulian

Tidur sesuai keinginan atau kebutuhan?

Sering ngerasa ngantuk dan lemes di siang hari? Bisa jadi salah satu sebabnya adalah waktu tidur kamu yang kurang atau justru berlebihan. Selama ini ada rekomendasi kewajiban tidur sampai delapan jam dalam semalam yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation. Akan tetapi itu adalah hitungan rata-rata yang dibutuhkan oleh manusia.

“Sekitar 70 persen populasi orang dewasa membutuhkan antara enam sampai sembilan jam tidur malam agar merasa segar,” kata Shelby Harris, Direktur Terapi Gangguan Tidur, di Mentefiore Medical Center, seperti dikutip dari Kompas.com.

Sebenernya, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Karena setiap orang memiliki pola dan kegiatan yang beragam. Jadi kebutuhan waktu tidurnya pun juga beragam.Ada orang yang merasa baik-baik aja dengan tidur selama enam jam, ada pula yang justru sebaliknya. “Genetika punya peran disini,” kata Harris.

Karena genetika nggak bisa diubah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan buat mengetahui berapa waktu tidur yang kamu butuhkan. Dengan mengetahui kebutuhan waktu tidur yang kamu perlukan. Kamu bakalan mendapatkan banyak manfaat yang sangat berguna buat tubuh. Mulai dari kesehatan fisik, kemampuan konsentrasi, hingga kemampuan motorik yang akan lebih optimal. Berikut adalah cara buat menentukan jumlah optimal tidur yang kamu butuhkan dalam hitungan yang tepat hingga ke menitnya.

1. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan catat jam berapa kamu bangun setiap hari tanpa gangguan alarm.

2. Hitung berapa jam kamu tidur pada malam keempat, kelima, dan keenam. Hitung dalam hitungan menit. Sedangkan hari pertama hingga ketiga kamu nggak perlu hitung karena mungkin pada hari-hari itu, kamu masih terganggu dengan pola tidur yang lama.

3. Jumlahkan lamanya waktu tidur kamu pada hari keempat hingga keenam, lalu hasilnya dibagi tiga.

Sederhana, kan? Hasil yang kamu dapatkan tersebut adalah waktu tepat berapa kebutuhan tidur kamu setiap harinya. Ini adalah jawaban yang solid mengenai lamanya waktu tidur yang kamu perlukan secara pribadi, bukan hitungan rata-rata. Jadi, kamu sekarang memiliki patokan berapa lama waktu tidur yang kamu butuhkan secara personal dengan tepat dan detail.

Selamat mencoba, Guys!

Editor : Hai Online

Latest