Follow Us

11 Sosok Peraih Nobel Yang Dianggap Mengubah Dunia Pada Tahun 2016

Dimas Yulian - Minggu, 11 Desember 2016 | 09:00
Bob Dylan, musisi pertama peraih penghargaan Nobel Sastra 2016
Dimas Yulian

Bob Dylan, musisi pertama peraih penghargaan Nobel Sastra 2016

Pada awal bulan Desember ini, tepatnya dari tanggal 5-12 Desember nanti, para penerima penghargaan Nobel, kecuali Bob Dylan, akan menghadiri acara seremoni penghargaan Nobel secara resmi di Oslo, Norwegia. Dari dunia sub-atom hingga dunia sastra, para penerima pemenang Nobel ini adalah orang-orang yang dianggap mengubah dunia lewat berbagai temuan, dedikasi, serta karya yang telah dihasilkan.

Mereka adalah figur-figur yang dianggap mengubah dunia melalui ketekunannya dalam memprakarsai lahirnya berbagai teknologi dan temuan baru, hingga perubahan dalam ilmu sosial. Mereka adalah sosok-sosok yang dianggap mengubah dunia pada tahun 2016 melalui serangkaian dedikasi dan kerja keras yang di lakukan. Sosok-sosok inspiratif yang bisa kamu jadikan panutan sebagai orang yang berkontribusi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia 11 sosok peraih nobel yang dianggap mengubah dunia pada tahun 2016:

Nobel Perdamaian

Peraih Nobel di bidang perdamaian tahun ini diraih oleh mantan jurnalis yang saat ini menjabat sebagai Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos. Santos dianggap turut mengubah dunia karena perannya untuk emngakhiri perang sipil selama 50 tahun yang merenggut korban hingga 220.000 jiwa.

Paman Santos, Eduardo adalah Presiden Kolombia pada periode 1938-1942. Sedangkan sepupunya, Fransisco pernah menjabat sebagai wakil presiden di masa pemerintahan Presiden Alvaro Uribe. Sementara sang ayah, adalah seorang editor harian paling berpengaruh di Kolombia, EL Tiempo.

Nobel Sastra

Ada sedikit kejutan dalam kategori Nobel di bidang sastra tahun ini. Kalo biasanya peraih Nobel di kategori ini berasal dari kalangan penulis, tahun ini musisi legendaris asal Amerika, Bob Dylan yang meraihnya.

Sebagai seorang musisi, Bob Dylan bisa dibilang sebagai sosok yang sangat berpengaruh melalui karya-karyanya. Nggak hanya di Amerika, tapi juga di seluruh dunia secara global dan lintas generasi. Meskipun begitu, pemberian nobel kepada Dylan sempat menuai berbagai perdebatan. Hingga saat ini pun, Dylan masih belom bersedia menerima penghargaan ini.

Nobel Fisika

Dari bidang fisika, David J Thoules (Univesity of Washington), F. Duncan Haldane (Princeton University), dan J Michael Kosterlitz (Brown University) berhasil membuat temuan baru terkait fenomena topologi. Mereka meneliti perilaku atom materi eksotis yang kini mendasari pembuatan bahan unik yang menghantarkan listrik pada permukaan, tetapi menghambat pada bagian dalam.

Fenomena ini merujuk pada perilaku atom dalam sebuah materi yang berada dalam kondisi ekstrem. Seperti suhu sangat dingin dan sangat panas yang bisa sangat aneh. Riset topologi ini sekarang menjadi salah satu pemicu pengembangan komputer kuantum.

Nobel Kimia

Dalam bidang kimia, Jean-Pierre Sauvage, Sir Fraser Stoddart, dan Bernard Feringa menjadi tiga sosok yang meraih penghargaan Nobel pada kategori ini. Ketiganya dianggap berhasa karena menjadi manusia pertama yang berhasil membuat motor terkecil di dunia. Motor ini buka seperti motor pada umumnya yang berjalan melintasi jalan raya. Akan tetapi motor yang berjalan di sirkuit pembuluh darah dan jaringan saraf manusia.

Penemuan ini memungkinakn Jerman buat mengembangkan senyawa anti-kanker Combretastatin A-4 yang mampu bekerja tepat pada target, tanpa efek samping yang akan merusak sel sehat. Dengan penemuan ini, obat di masa depan akan memliki penghantar buat menuju bagian tubuh yang menjadi target sehingga lebih tepat sasaran.

Editor : Hai Online

Latest