Follow Us

Dihapus atau Tidak, Hasil UN Nggak Berpengaruh Besar Pada Seleksi PTN

Rizki Ramadan - Senin, 05 Desember 2016 | 05:15
Kode Kode Menjawab Soal Ujian Nasional
Rizki Ramadan

Kode Kode Menjawab Soal Ujian Nasional

Rencana moratorium atau penghapus ujian nasional bikin para pelajar, terutama yang kelas XII, bertanya. Apakah seleksi masuk perguruan tinggi negeri akan ikut berubah juga? Terus, apakah hasil UN akan berpengaruh juga terhadap seleksi?

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir kasih kepastian. Pada Sabtu (3/12) kemarin, di Semarang, ia mengatakan kepada harian Kompas bahwa seleksi masuk PTN nggak terpengaruh hasil ujian nasional jika penyelenggaraannya benar-benar dimoratorium oleh pemerintah.

"Nanti tentu akan bicara dengan Mendikbud juga dalam rapat terbatas. Untuk seleksi masuk PTN, hasil UN sebagian kecil saja, hanya salah satu komponen. Kalau tidak ada, tidak apa-apa," kata Muhammad Nasir seperti di kutip Harian Kompas.

Ya, hasil UN hanya sebagian kecilnya saja yang berpengaruh terhadap seleksi.

Pihak Kemenristek juga akan membahas proses seleksi ini lebih lanjut dengan Majelis Rektor PTN Indonesia. Katanya, seleksi masuk PTN lewat jalur prestasi akan fokus pada penilaian rapor dan prestasi dari calon mahasiswa. Sedangkan seleksi tertulis berbentuk ujian tertulis atau praktek.

Perlu diketathui, seleksi masuk PTN itu punya sistemnya sendiri, bro. Bahkan, tiap PTN punya wewenang cukup gede dalam melakukan penilaian calon mahasiswa barunya.

Oke, sambil kita tunggu kabar tunggu selanjutnya kita tetap belajar demi memersiapkan diri

Editor : Rizki Ramadan

Latest