Follow Us

Masih Muda Kok Pikun? Lakukan 6 Cara Ini Biar Kamu Nggak Lemot dan Ingatanmu Tajam

Dimas Yulian - Minggu, 31 Desember 2017 | 04:00
Penyakit Gampang Lupa
Dimas Yulian

Penyakit Gampang Lupa

Sering kelupaan naruh bolpoin atau kunci motor? Atau gampang lupa materi pelajaran yang disampaikan guru? Bisa jadi kamu mengalami apa yang disebut dengan gangguan memori. Kebanyakan gangguan memori emang terjadi pada orang yang berusia tua. Akan tetapi banyak juga yang terjadi di usia muda.

Kalo kamu jadi salah satu orang yang ngerasa ngalamin hal yang serupa, ada cara sederhana yang bisa kamu lakuin buat mencegah atau memperlambat terjadinya kepikunan. Karena kalo dibiarkan, bisa jadi akan lebih memperburuk daya ingat dan menghambat produktifitas kegiatan kamu sehari-hari. Ini dia 6 cara sehat menjaga ketajaman memori.

Aktif Secara Mental

Seperti aktivitas fisik yang bisa bikin tubuh tetap sehat, aktivitas mental diperlukan buat menjaga otak kamu tetap tajam dan menjuahkan dari ancaman gangguan memori. Aktivitas yang bisa kamu lakukan antara lain mengisi teka-teki silang, bermain bridge, atau mencoba rute alternatif baru saaat berangkat atau pulang sekolah. Selain itu, memainkan alat musik dan menjadi relawan aktivitas sosial juga bisa dijadikan alternatif buat melatih kesehatan mental.

Bersosialisasi

Studi pada tahun 2008 yang dilakukan oleh University of Michigan menemukan fakta yang menarik tentang pentingnya bersosalisasi. Dalam studi yang dipublikasikan oleh Personality and Social Psychology Bulletin tersebut mengatakan bahwa 10 menit bicara dengan orang lain, dapat meningkatkan memori setara dengan kegiatan membaca atau bermusik dalam jumlah waktu yang sama. Karena itu luangkanlah waktu sejenak buat bercengkerama bersama keluarga, teman, dan sahabat kamu.

Membiasakan Teratur

Biasakan diri kamu buat teratur dalam meletakkan dan menyimpan barang. Kebiasaan lupa menaruh barang, sering disebabkan karena kebiasaan kamu yang nggak teratur dalam menyimpan barang. Cobalah buat menuliskan tugas, janji, dan agenda yang akan kamu lakukan di buku catatan khusus. Tandai tugas mana yang udah kamu kerjakan. Dan letakkan barang-barang yang kamu punya di kotak khusus yang mudah dijangkau.

Tidur Cukup

Tidur punya peran penting buat membantu kamu mengonsolidasikan memori. Hal ini diungkapkan oleh GuiFernandez, Profesor Neurosains Kognitif di Donders Institute for BArain, Balanda.

Itulah sebabnya orang yang cukup tidur akan merasa lebh bugar dan bisa berpikir lebih tajam.

Kalo pas bangun tidur dan tiba-tiba kamu teringat sesuatu yang kemaren sempet lupa, itu adalah contoh hasil dari konsolidasi memori yang terjadi saat kamu tidur secara cukup dan nyenyak.

Halaman Selanjutnya

Konsumsi Makanan Sehat
1 2

Editor : Hai Online

Latest