Follow Us

Ngayogjazz 2016 Bakal Hadir Nyebarin Kedamaian

- Jumat, 11 November 2016 | 10:30
Suasana Ngayogjazz tahun lalu
Hai Online

Suasana Ngayogjazz tahun lalu

Ngayogjazz datang lagi. Di gelaran yang ke-10 ini, kita bukan hanya akan diberi pilihan jazzy performance yang makin beragam. tapi juga panggung yang banyak! Bayangin nih, ada tujuh panggung yang akan didirikan di padukuhan Kwagon sebagai venue tahun ini. Serunya lagi, persiapan penyelenggaraan Ngayogjazz kali ini pun terasa istimewa. Masyarakat sekitar venue juga kerasa banget antusias menyambut Ngayogjazz 2016. Keliatan dengan aktifnya keterlibatan masyarakat Kwagon dalam menghias padukuhannya. Workshop artistik yang diinisiasi oleh Ngayogjazz bersama Frog House, sebuah komunitas kebudayaan di Yogyakarta, diikuti dengan antusias oleh warga padukuhan Kwagon. Malah, workshop ini juga diikuti oleh komunitas-komunitas seni dari luar kota Yogyakarta, mahasiwa, dan turis manca negara.

Persiapan Ngayogjazz 2016 dibantu masyarakat sekitar
Ngayogjazz 2016 yang digelar pada tanggal 19 November 2016 mulai jam 10.00 ini mengambil tema “Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama” .

Wah apa tuh artinya?

Nah, kalimat ini terinspirasi dari Pupuh Sinom Serat Wedhatama karya Mangkunegara IV, bermula dari kata ‘Amemangun Karyenak Tyasing Sasama’ yang artinya berbuat untuk menyenangkan hati sesama manusia. Tema ini diharapkan bisa menyebarkan virus untuk berbuat kebaikan kepada semua orang. Terasa sangat nyambung dengan apa yang lagi sering terjadi belakangan ini. Kalimat Bad news is a good news menjadi sangat relevan dalam kasus ini. Bagaimana orang-orang lebih memilih untuk menyebarkan berita tentang keburukan daripada berita tentang kebaikan.

Makanya, ngapain sih nyebarin kebencian? Acara kayak gini nih yang kita butuhin biar hidup jadi sejuk di tengah kebersamaan. Jadi, yang disebarin tuh mending semangat untuk berbuat kebaikan dan menyebarkan kebahagiaan kepada semua orang. Nggak hanya bagi penyelenggara yang dalam hal ini panitia dan warga desa setempat, tetapi juga kepada pengisi acara dan penonton yang hadir sampai masyarakat luas.

Pengisi acaranya juga bikin semangat nih, Selain Monita Tahalea yang dijadwalkan bakal jadi penampil pembuka, Ngayogjazz 2016 juga akan menampilkan para jagoan di ranah musik jazz kayak Fariz RM, Tohpati And Friends, Bonita & The Hus Band, Shadow Puppet dan Harvey Malaihollo, Nikita Dompas featuring Mian Tiara, Ricad Hutapea Featuring Renata Tobing, Sono Seni Ensamble. Nggak hanya mereka, tapi juga komunitas Jazz Jogja, sampai seluruh Indonesia bakal tumplek blek di sana.

Siap nonton Jazz?

Editor : Hai Online

Latest