Follow Us

20 Lagu Ini Paling Gampang Diingat Sama Manusia Lho!

Alvin Bahar - Senin, 31 Oktober 2016 | 04:30
Ilustrasi
Alvin Bahar

Ilustrasi

Penasaran nggak, kenapa lagu jadul sering gampang diingat? Ternyata ada penelitiannya. Ilmuwan telah melakukan riset pada lebih dari 1.000 lagu yang pernah dibuat sejak tahun 1940an. Hasilnya? Mereka mendapatkan daftar 20 lagu yang paling gampang diingat dalam 70 tahun terakhir. Mayoritas isinya lagu-lagu jadul!

Penelitian yang dilakukan oleh Museum of Science and Industry (MOSI) ini dilakukan selama satu tahun. Untuk mendapatkan hasil tersebut, para ilmuwan asal Manchester ini membuat website khusus bernama ‘Hooked on Music’.

Dikutip dari Tribunnews, dalam website tersebut seseorang harus bisa menebak lagu yang sedang diperdengarkan. Selama satu tahun ‘Hooked on Music’ berhasil mengumpulkan data dari 12.000 orang. Peringkat pertama ternyata jatuh pada lagu girlband jadul yang sekarang sudah bubar (Tebak siapa hayo?).

Lagu jawara dalam daftar 20 lagu yang paling gampang diingat dalam 70 tahun terakhir tersebut adalah Wannabe milik Spice Girls. Rata-rata orang hanya membutuhkan waktu 2,48 detik untuk mengenali lagu tersebut.

Para peneliti sekarang sedang mencari tahu elemen apa yang membuat sebuah lagu mudah diingat. Hal ini masih menjadi misteri karena terkadang ada lagu yang didengar sesekali namun mudah sekali diingat. Ada juga lagu yang sudah berkali-kali didengar namun sulit terekam dalam memori.

Ilmuwan sebenarnya berharap mereka bisa tau rahasia bagaimana memori musikal bekerja. Pemahaman tersebut diharapkan bisa membantu orang dengan penyakit demensia. Meski begitu penelitian ini sekarang belum bisa menjawab pertanyaan besar tersebut.

Berikut daftar lengkap 20 lagu yang paling gampang diingat dalam 70 tahun terakhir beserta detik yang dibutuhkan seseorang untuk mengingatnya:

Spice Girls - Wannabe: 2,29 detik Lou Bega - Mambo No 5: 2,48 detik Survivor - Eye of the Tiger: 2,62 detik Lady Gaga - Just Dance: 2,66 detik ABBA - SOS: 2,73 detik Roy Orbison - Pretty Woman: 2,73 detik Michael Jackson - Beat It: 2,80 detik Whitney Houston - I Will Always Love You: 2,83 detik The Human League - Don't You Want Me: 2,83 detik Aerosmith - I Don't Want to Miss a Thing: 2,84 detik Lady Gaga - Poker Face: 2,88 detik Hanson - MMMbop: 2,89 detik Elvis Presley - It's Now Or Never: 2,91 detik Bachman-Turner Overdrive - You Ain't Seen Nothin' Yet: 2,94 detik Michael Jackson - Billie Jean: 2,97 detik Culture Club - Karma Chameleon: 2,99 detik Britney Spears - Baby One More Time: 2,99 detik Elvis Presley - Devil in Disguise: 3,01 detik Boney M - Rivers of Babylon: 3,03 detik Elton John - Candle in the Wind: 3,04 detik

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular