Follow Us

Salut, 3 Klub Bola Ini Pensiunkan Nomor Punggung Para Legenda

Alvin Bahar - Jumat, 02 Desember 2016 | 03:00
Javier Zanetti
Alvin Bahar

Javier Zanetti

Bagi dunia sepak bola, nomor punggung, seringkali hanya dianggap hal yang sepele. Paling cuma sekedar penghias di bagian belakang kostum, kalo nggak, ya biar gampang ngenalin identitas pemain.

Tapi, nggak semuanya begitu kok. Beberapa klub bola berikut ini, justru menjadikan nomor punggung sebagai hal penting banget. Bahkan, mereka pensiunin nomor punggung tertentu buat ngehormatin jasa seorang pemain yang udah dianggap sebagai legenda.

Nah, mau tau siapa aja klub yang dimaksud? Yuk, simak bareng-bareng ulasan berikut.

1. AC Milan

Yang pertama datang dari klub asal Italia, AC Milan. Yap, klub ini udah pensiunin nomor punggung tertentu, buat ngehormatin pemain yang dianggap sebagai legenda. Bahkan, udah ada dua nomor punggung lho yang dipensiunin sama Milan!

Yang pertama, ialah nomor punggung 6 milik Franco Baresi. Nomor punggung ini dipensiunkan mengingat jasa-jasa Baresi yang luar biasa buat Rossoneri. Baresi menghabiskan seluruh kariernya bersama Milan, mulai dari 1977 sampai 1997, dengan total 719 penampilan. 18 trofi pun udah dipersembahin Baresi buat publik San Siro.

Selanjutnya siapa lagi kalau bukan Paolo Maldini. Sama dengan Baresi, Maldini juga menghabiskan seluruh kariernya bersama Rossoneri. Oleh karena itu, Milan mempesiunkan nomor punggung 3 yang dahulu dipakai Maldini semasa masih aktif bermain. Agak sedikit berbeda, nomor punggung ini sewaktu-waktu masih bisa aktif lagi, asalkan dipakai oleh anak dari Maldini.

2. Inter Milan

Nyebrang ke klub sebelah, rival AC Milan ini juga punya nomor yang dipensiunkan. Yap, Inter udah pensiunin nomor punggung 4 milik sang legenda hidup, Javier Zanetti. Inter mempesiunkan nomor punggung 4 ini pada 2014 lalu, saat Zanetti memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola.

Zanetti sendiri udah sejak 1995 lalu memperkuat Inter. Dari 957 penampilannya, Zanetti berhasil persembahin 16 trofi buat Inter. Mulai dari gelar Serie A, hingga Liga Champions. Prestasi termanis Zanetti ialah saat berhasil ngebawa Inter ngeraih treble winners pada 2010 lalu.

Halaman Selanjutnya

3. Chelsea
1 2

Editor : Alvin Bahar

Latest