Follow Us

Ngerasa Otak Kamu Melambat? Coba Lakukan 10 Hal ini!

- Minggu, 15 April 2018 | 15:00
Ternayata otak emang harus sering di-charge!
Hai Online

Ternayata otak emang harus sering di-charge!

Otak kita menerima ribuan tugas setiap hari. Dan bisa jadi makin selow seiring berjalannya waktu. Ngerasa nggak sih kalo kerja otak kita makin lambat?

Ternyata melambatnya otak nggak lepas dari kebutuhannya untuk mengisiulang tenaga. Otak kita juga perlu istirahat, asupan, latihan, bahkan kadang dimanjain dari waktu ke waktu.

Toh nggak perlu jadi Bill Gates untuk menyegarkan otak kembali. Yang perlu kita lakuin cuma menyisihkan waktu kok untuknya.

Apa aja yang bisa kita lakuin? Simak nih daftarnya!

Tiap olahraga, ada sel otak baru terbentuk

Olahraga Rutin!

Ternyata, otak itu mirip otot. Sains sudah membuktikan kalo olahraga membantu meningkatkan kapasitas otak dan pertumbuhan sel otak. Artinya, setiap kali kita berolahraga, akan menciptakan sel otak baru. Jadi buat apa mager? Ayo bergerak!

Pikiran tenang, otak nggak nge-hang

Meditasi

Ada ungkapan begini. "To a mind that is still, the whole universe surrenders." Kurang lebih terjemahan bebasnya adalah “Ketika pikiran tenang, seluruh alam raya tunduk.”

Ternyata ini bukan ungkapan kosong kok. Sains sudah membuktikannya. Ketika kita menenangkan pikiran lewat meditasi selama 10-15 menit, dapat memperlancar proses berpikir, dan mengurangi tingkat stress. Buat yang muslim, bisa juga menenangkan pikiran dalam shalat tuh!

Main musik melatih beberapa jaringan otak

Kekuatan Musik

Para ilmuwan telah meyakini kalo mempelajari alat musik dan memainkannya dapat memperbesar ukuran di beberapa bagian otak seperti otak kecil (cerebellum) dan motor cortex di otak besar. Dan, kalopun hanya bisa dengerin musik, itu aja udah bisa mengaktifkan beberapa jaringan di otak. So, let's turn ON the music now.

Video games bisa jadi terapi gangguan otak seperti disleksia

Puzzle dan Video Games

Hasil riset dari University of Rochester menyebutkan video game bisa membantu anak-anak disleksia membaca lebih baik, sementara pasien stroke bisa pulih lebih cepat. Permainan puzzle juga bisa memperkuat ingatan. Tapi, jangan sampe seharian main game, yee!

Makan Sehat

Otak kita menyerap 20% dari seluruh nutrisi dan oksigen yang kita konsumsi. Jadi jangan lupa makan makanan yang bagus untuk otak. Asupan kayak buah-buahan segar, ikan segar, dan sayuran, minyak omega 3, kacang-kacangan, gandum, alpukat dan bluberi.

Editor : Hai Online

Latest