Follow Us

The Drone Gun, ‘Senjata’ Canggih Penakluk Drone Liar

Dimas Yulian - Selasa, 29 November 2016 | 01:00
The Drone Gun, ‘Senjata’ Canggih Penakluk Drone Liar
Dimas Yulian

The Drone Gun, ‘Senjata’ Canggih Penakluk Drone Liar

Akhir-akhir ini teknologi Drone semakin populer di berbagai negara di dunia, nggak terkecuali di Indonesia. Banyak yang mulai menggunakan Drone dalam berbagai keperluan. Mulai dari pengambilan gambar yang berorientas bisnis, maupun penggunaan pribadi, Jangkauan terbang Drone yang terbilang luas dan mampu mengambil gambar dari sudut-sudut yang sulit membuat banyak pihak mulai tertarik menggunakan teknologi ini buat menunjang aktifitas dokumentasi. Baik dalam bentuk foto maupun video.

Akan tetapi selain keunggulan yang ditawarkan, di berbagai negara juga mulai muncul banyak keluhan tentang penggunaan Drone ini. Kebanyakan keluhan datang karena adanya pengambilan gambar di area properti pribadi yang diambil tanpa seijin pemiliknya. Di beberapa kasus, Drone bahkan juga dimanfaatkan sebagai sarana buat memburu kegiatan pribadi selebritas dunia. Penyalahgunaan teknologi Drone ini lah yang akhirnya banyak dikeluhkan berbagai pihak.

Merespon terhadap keluhan yang terjadi terkait penyalahgunaan Drone. Sebuah perusahaan asal Australia, DroneShield baru-baru ini memperlihatkan salah satu alat barunya yang berfungsi buat menangkal Drone liar yangkeren banget. Berbentuk seperti senapan di film-film Sci-fi, alat yang dinamakan DroneGun ini bisa digunakan buat ‘menaklukan’ Drone liar dalam waktu sekejap.

Dirancang khusus buat mengatisipasi Drone yang terbang di daerah yang nggak semestinya, senjata ini jadi solusi yang sangat ideal dan praktis. Meskipun berbentuk seperti senjata api, alat ini nggak akan merusak atau bahkan menghancurkan Drone yang sedang terbang. DroneGun akan masuk ke sistem sinyal Drone, dan ‘memaksa’ Drone yang terbang buat turun secara perlahan.

Memiliki berat hampir enam kilogram, DroneGun dapat ‘menaklukan’ Drone dari jarak sejauh dua kilometer. Alat ini sendiri bersifat portable dan dapat dibawa kemana-mana. DroneGun menggunakan baterei yang diklaim dapat bertahan selama dua jam, seperti dikutip dari Mashable.

Selain The DroneGun, ada juga teknologi anti-drone yang juga sedang dikembangkan, seperti DroneDefender Batelle yang akan menggunakan frekuensi radio buat menangkap Drone liar yang berkeliaran. Dan juga SkyWall OpenWorks Engineering yang menangkap Drone terbang dengan cara menembakkan jaring kea rah Drone.

Well, malah jadi kayak adegan di film-film Sci-fi ya.

YouTube HAI

Editor : Hai Online

Latest