Follow Us

Opini Pelajar: Apa Salahnya Punya Kepala Gundul

Rizki Ramadan - Jumat, 11 November 2016 | 07:30
skinhead kids
Rizki Ramadan

skinhead kids

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “rambut adalah mahkota,” ya betul, ungkapan tersebut emang betul banget Karena pepatah itu banyak orang yang melakukan perubahan pada rambutnya dengan berbagai macam model.

Di era sekarang ini udah banyak bertebaran berbagai macam model gaya rambut, gaya rambut yang sekarang lagi ngetren yaitu model rambut ala-ala tahun 70-an gitu. Jadi model rambut sekarang itu terkesan balik lagi ke era dulu cuman dikemas dalam gaya yang modern dengan berbagai variasi tanpa meninggalkan kesan retronya, contoh model rambut yang sekarang lagi nge-trend itu kayak Undercut, Slick-back, Pompadour, dan masih banyak lagi kalau gue sebutin satu-satu, hahaha.

Tapi ada nih gaya rambut yang nggak pernah mati walaupun kemakan zaman, pada bisa nebak kan? Yup, betul! Gaya gundul! Gaya rambut yang satu ini emang nggak akan lekang oleh waktu, karena gaya rambut inilah opsi terakhir buat kalian yang rambutnya gondrong terus kena razia rambut di sekolah, dan rambutnya dipangkas dadakan oleh guru di sekolah yang pangkasannya itu ngawur, hahaha!

Tapi ada banyak loh keuntungan digundul itu. Pertama, kita nggak perlu merasa was-was kalau tiba-tiba guru ngadain razia rambut dadakan. Kedua, kepala jadi berasa ringan. Ketiga, nggak perlu lama-lama nyisir. Keempat, hemat shampoo—nah, yang satu ini menguntungkan anak kos nih. Dan masih banyak lagi.

Terus kenapa sih banyak orang yang nggak mau atau malu untuk digundul? Karena sekarang gue lagi gundul nih gue jadi tau alasannya kenapa banyak orang nggak mau rambutnya digundulin, yaitu karena kalau kita digundul tuh jadi bahan olokan temen, hahaha.

Biasanya sih dikatain kaya tuyul, itu tuh makhluk yang suka nyolong duit hahaha. Tapi ada tuh kelompok yang semua anggotanya itu rambutnya dipangkas gundul semua, kelompok itu menamakan diri mereka skinhead. Skinhead merupakan sub-culture yang lahir di Inggris sekitar tahun 1960-an, Skinhead pada awal terbentuknya beranggotakan kaum kelas pekerja Inggris yang tertindas tetapi di masa sekarang skinhead lebih merujuk ke kelompok penggemar musik.

Jadi, menurut gue alasan utama kenapa orang nggak mau digundul itu karena mereka nggak siap untuk dihina, hahaha. Padahal apa salahnya gundul, toh negara kita negara demokrasi jadi bebas dong untuk berekspresi. Gimana setelah baca minat gundul nggak bro? Hahaha.

Aqib Daffa - SMAN 1 Pati

Editor : Rizki Ramadan

Latest