Follow Us

Mendadak Bokek? Ini 6 Tips Minta Uang Jajan Tambahan Ke Orang tua

Dok Grid - Senin, 18 Desember 2017 | 10:00
Kumpulan pecahan mata uang rupiah
Rizki Ramadan

Kumpulan pecahan mata uang rupiah

HAI-online.com - Di tengah kesibukan-kesibukan di sekolah, tentunya uang jajan menjadi salah satu problematika para pelajar SMA. Entah itu karena kurang atau bisa juga kelebihan (loh?). Pastinya, kalau uang jajan lo kelebihan lo patut bersyukur karena di luar sana masih banyak pelajar-pelajar yang kanker alias kantung kering. Hehe. Soalnya, banyak pelajar yang mengidap penyakit ini.

Udah gitu, kita kadang suka nggak bisa menolak godaan untuk beli barang, jajan tiket konser atau pensi, dan hangout bareng temen-temen. Untuk itu, kan, butuh uang jajan tambahan.

Nah, karena sumber uang jajan kita adalah orangtua, dan kebanyakan orangtua udah menjatahi jumlah uang jajan yang akan dikasih ke anaknya, makanya butuh tips khusus biar kita bisa minta tambahan. Hehe.

Simak nih, cara supaya orang tua mau bagi-bagi uang yang ada di dompetnya sebagai uang jajan tambahan lo. Eits, tapi inget, jangan untuk foya-foya dan dijajanin yang nggak bener yah

(BACA: Curhatan Para Pejuang Gap Year: Kami Menunda Kuliah Demi Dapet Yang Terbaik Bukan untuk bermalas-malasan.)

1. Sigap Bantu Ketika Ortu Butuh Pertolongan

Eits, ini sih harus ya ke semua orang? Maksudnya berbuat baik di sini itu ringan tangan ya sama orang tua. Kalau orang tua minta tolong jangan pada mager.

Nggak jarang tuh, setelah kita ngebantu, mereka ngasih upah yang nggak terduga. Paling seringnya sih kalau disuruh beli sesuatu ke warung. Uang kembaliannya suka diiklasin. Lumayan lah kalau 10.000 sampai 20.000 buat ditabung beli sepatu idaman :p

Sebagian anak kadang malah suka mencoba licik, selalu minta uang gede tiap disuruh ke warung, padahal yang dibeli cuma penyedap rasa. Biar kembaliannya banyak. Hehe.

Jangan lupa juga untuk selalu bantu orang tua di rumah, kalau nggak dapat uang jajan, minimal dapat pahala lah hahaha!

2. Pura-pura Minjem

Kalau udah kepepet banget butuh uang tapi nggak enak untuk sepenuhnya minta, yang biasa dilakukan adalah memohon pinjaman uang ke ortu. Nabyl contohnya, doi cukup sering tuh minjem ke nyokapnya dengan jaminan “Minggu depan uang jajan dikurangin, deh,” kata Nabyl.

Udah gitu, seringnya, kalau udah sampe di tenggat pembayaran, eh, ortu nggak nagih-nagih.

“Nyokap lupa. Haha. Kayanya sih nggak lupa tapi kayak diikhlasin aja gitu. Namanya juga orang tua,” lanjut Nabyl.

Editor : Rizki Ramadan

Latest