Follow Us

4 Makanan Unik Khas Banyuwangi yang Lezat dan Namanya Bisa Bikin Ngakak

Alvin Bahar - Selasa, 01 November 2016 | 22:30
Nasi Bodrex
Alvin Bahar

Nasi Bodrex

Kota di ujung paling timur Pulau Jawa ini menyimpan kejutan rasa. Racikan makanan khas Banyuwangi sangat unik, tabrak-tabrak rasa, namanya pun bisa bikin kita ngakak. Mau tau apa aja makanan tersebut? Cek empat di antaranya yang dikutip dari harian Kompas ini!

Nasi Bodrex (KOMPAS/AGUS SUSANTO)

1 - Nasi Bodrex

Nasi bodrex ini mirip-mirip dengan nasi kucing yang biasa disajikan dalam wujud bungkusan berlapis kertas koran di angkringan ala Yogyakarta. Bedanya, ragam lauk pada nasi bodrex lebih banyak, seperti kering tempe, bihun, potongan ayam, lalu sambal. Sebungkus nasi bodrex yang bikin kenyang ini hanya dijual Rp 5.000!

Menjelang malam, penjual nasi bodrex bisa dijumpai di seluruh penjuru kota. Kenapa disebut nasi bodrex? Ada beberapa versi terkait penamaannya yang menyerupai merek salah satu obat sakit kepala itu.

Menurut salah seorang penjual, disebut nasi bodrex karena harganya sama dengan sekeping obat sakit kepala. Beda lagi, kata salah satu pelanggan Roni yang menganggap nama bodrex berasal dari kebiasaan konsumen makan nasi bungkus sebelum minum obat sakit kepala. Ada-ada aja ya..

Editor : Alvin Bahar

Latest