Follow Us

Siap-siap, Mouse Komputer Bakal Digantikan Dengan Alat Ini

Dimas Yulian - Kamis, 27 Oktober 2016 | 10:00
Microsoft Surface Dial
Dimas Yulian

Microsoft Surface Dial

Komputer sama mouse memang nggak bisa dipisahkan. Namun sebentar lagi mungkin mouse bakalan mulai perlahan ditinggalkan. Seiiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, akan ada alat yang lebih canggih buat menggantikan fungsi mouse. Microsoft resmi memperkenalkan perangkat Surface Dial dalam acara peluncuran di New York, Rabu (26/10) seperti dikutip dari PC World

Produk yang dimaksudkan buat pengganti perangkat mouse ini diluncurkan sebagai pendamping komputer Surface Studio yang juga dirilis pada acara yang sama. Surface Dial merupakan alat input ke perangkat computer berbentuk unik. Perangkat ini berbentuk mirip dengan kepingan yang sering digunakan dalam permainan hoki. Sekilas, produk ini juga terlihat seperti speaker mini ya.

Uniknya, nggak ada tombol yang tersedia layaknya sebuah mouse. Buat menggunakannya, kamu cukup menyentuh permukaan Surface Dial atau memutarnya ke kanan atau kiri. Microsoft membuat Surface Dial sebagai perangkat pengganti mouse yang bisa dipake untuk berbagai pilihan menu. Mulai dari mengatur tingkat kecerahan layar, hingga memilih warna pena aplikasi desain.

Microsoft Surface Dial
Perangkat Surface Dial sendiri bisa dihubungkan ke perangkat lain menggunakan koneksi Bluetooth. Kalo perangkat ini disentuhkan ke layar Surface Studio, nanti bakalan muncul menu dalam bentuk cakram virtual. Kamu kemudian bisa mengakses berbagai perintah yang ada di cakram tersebut dengan cara memutarnya.

Tapi sayangnya, Microsoft merilisnya hanya sebagai pelengkap buat Surface Studio. Namun pengguna juga bisa menggunakannya di perangkat Surface Pro 3, Surface Pro 4, dan Surface Book. Meski begitu, Surface Dial hanya bisa berfungsi secara penuh di Surface Studio saja. Harganya pun masih cukup mahal. Microsoft membanderol perangkat ini di harga 100 dollar, atau setara dengan Rp 1,3 juta.

Microsoft Surface Dial
Surface Dial sendiri walaupun bisa digunakan buat berbagai jenis pekerjaan. Tetapi lebih menguntungkan dan memudahkan buat para seniman digital dan pekerja grafis. Gimana buat kalian yang suka dengan desain, tertarik dengan perangkat ini?

Editor : Alvin Bahar

Latest