Follow Us

Inilah Hewan Bertulang Belakang Tertua di Dunia, Udah Hidup Sejak Zaman Belanda!

Alvin Bahar - Jumat, 19 Agustus 2016 | 03:15
Hewan Bertulang Belakang Tertua di Dunia
Alvin Bahar

Hewan Bertulang Belakang Tertua di Dunia

Seekor hiu besar dan memiliki mata hampir buta yang hidup di perairan dingin Atlantik utara kini ditetapkan oleh para ilmuwan sebagai hewan vertebrata tertua di dunia yang masih hidup. Jelas, soalnya hewan bertulang belakang tertua di dunia ini udah hidup sejak zaman Belanda lho!

Jenis Hiu Greenland (Somnious microcephalus) itu diperkirakan berusia 272 tahun. Umurnya juga masih panjang. Para ilmuwan meyakini, umur hiu itu bisa mencapai 500 tahun.

Dihitung-hitung dengan umur tersebut, hiu itu lahir sejak abad pertama penjajahan Belanda di Indonesia, lahir pada tahun yang sama dengan surat kabar Bataviasche Nouvelles yang menandai awal sejarah pers di Indonesia.

Hiu Greenland. Ilmuwan mengungkap bahwa hewan yang hampir buta itu bisa hidup hingga setengah milenium.
Usia hiu tersebut melebihi usia seekor paus bowhead (Balena mysticetus) yang berusia 211 tahun dan ikan Koi betina bernama Hanako yang sebelumnya diyakini sebagai vertebrata tertua, berusia 226 tahun.

Peter Bushnell, ahli fisiologi kelautan yang juga meneliti hiu itu, mengatakan, para ilmuwan kelautan sudah mengetahui bahwa hiu Greenland memiliki umur yang panjang.

Hiu Greenland dalam penelitian ini punya panjang 6 meter. Para peneliti percaya, hiu itu bisa tumbuh lebih panjang lagi. Studi pada tahun 1963 mengungkap bahwa hiu Greenland tumbuh hanya 1 cm per tahun.

“Hiu Greenland memiliki tubuh yang sangat besar tetapi tumbuh dengan lambat. Ini menandakan bahwa mereka memiliki usia hidup yang panjang,” kata Bushnell.

Pengukuran usia dalam riset ini dilakukan dengan level radiokarbon-14 pada lensa mata hiu. Pengukuran merefleksikan level radiokarbon-14 di lautan ketika lensa mata tersebut terbentuk.

Pengukuran pada rentang waktu 2010-2013 terhadap 28 spesies hiu Greenland betina mengungkap bahwa hiu terbesar dengan panjang 5,02 meter dari sejumlah 28 hiu tersebut memiliki usia antara 272 dan 512 tahun.

Apa sih rahasia umur panjang hiu itu? Bushnel seperti dikutip Nature pada 11 Agustus 2016 lalu mengungkapkan bahwa itu terkait energi dan lingkungan.

“Usia panjang hiu Greenland itu kemungkinan disebabkan karena spesies tersebut mengeluarkan jumlah energi yang sangat sedikit berkat suhu tubuhnya yang dingin dan ukurannya yang besar,” ujar Bushnell.

Gokil juga ini hiu.

source: Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Latest