Follow Us

Ini Jawaban Kenapa Golongan Darah AB Langka dan Unik?

- Kamis, 31 Maret 2016 | 04:00
Golongan Darah AB Langka dan Unik?
Hai Online

Golongan Darah AB Langka dan Unik?

Kamu punya golongan darah AB, berarti kamu unik karena golongan darah ini sangatlah jarang dan langka.

Mengapa tipe darah ini sangat sedikit?

Setiap orang mewarisi golongan darahnya dalam gen. Gen dalam golongan darah memberikan kode-kode protein yang terekspresi di permukaan sel darah dan hal ini bisa dideteksi di laboratorium.

Sebelum masuk lebih dalam lagi, kita harus mengetahui bahwa setiap darah mengandung komponen dasar yang sama, yakni sel darah merah, sel darah putih, platelet (partike renik berbentuk kepingan mata uang), dan plasma (cairan tida berwarna).

Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang belakang. Bagian darah ini bekerja keras membawa oksigen ke seluruh tubuh. Setiap dua atau tiga tetes darah memiliki sekitar satu juta sel darah.

Sel darah merah memiliki jumlah yang jauh melebihi platelet yang berfungsi menghentikan perdarahan dengan membekukan pembuluh darah yang terluka, serta sel darah putih yang melindungi tubuh dari patogen dan penyakit.

Untuk setiap 600 sel darah merah terdapat 40 platelet dan hanya satu sel darah putih.

Pada permukaan sel darah merah, ada protein yang terikat dengan karbohidrat, yang sangat penting untuk menunjukkan sel darah merah.

Penanda berukuran mikroskopik ini disebut juga dengan antigen, dikelompokkan ke dalam 8 golongan, yakni A,B,AB, dan O, yang masing-masingnya bisa "positif", atau "negatif".

"Golongan darah A berarti kamu memiliki sedikitnya satu kelompok gen darah A. Tipe darah A hanya memiliki antigen A," kata Dr Leslie Silberstein, juru bicara American Society of Hematology.

Seperti halnya dengan golongan darah B yang hanya memiliki antigen B, sementara golongan darah AB memiliki antigen A dan B, serta golongan darah O memiliki antigen A atau B pada permukaan sel darah merahnya.

Keempat golongan darah ini sangat penting karena menunjukkan tipe darah yang bisa diterima lewat transfusi.

Editor : Hai Online

Latest