Follow Us

Melintir di Catalunya, Rio Ambil Pelajaran Berharga

- Kamis, 25 Februari 2016 | 08:15
Rio Haryanto sudah menjajal MRT05, Rabu (24/2).
Hai Online

Rio Haryanto sudah menjajal MRT05, Rabu (24/2).

Debut uji coba mobil Formula 1 yang dikendarai Rio Haryanto di Sirkuit Catalunya, Barcelona belum terlalu memuaskan. Namun untuk orang Indonesia yang pertama kali menjajal lintasan ‘mewah’ di ajang paling bergengsi dan prestisius F1, bukanlah tantangan yang mudah.

Mobil Rio tergelintir keluar lintasan pada tikungan kelima saat ia menggeber MRT05 milik tim Manor Racing pada Rabu (24/2) kemarin. Pebalap berusia 23 tahun ini tidak bisa melanjutkan sesi latihan pagi, sebab mobil Rio bernomor 88 itu harus ditarik keluar lintasan dan diangkut mobil derek.

"Rio baik-baik saja. Mobilnya tiba-tiba lock-up (kondisi ban terkunci setelah mengerem). Pada sesi latihan perdana, Rio memang tidak langsung mengejar catatan waktu tercepat, tetapi lebih untuk adaptasi," kata ibunda Rio, Indah Pennywati, saat dihubungi Kompas dari Jakarta.

Ibunda Rio sepakat bahwa ini menjadi pelajaran penting bagi Rio yang menjalani debutnya di ajang F1. "Yang paling penting, suasana tim terjaga sangat baik. Komunikasi juga berjalan lancar," ujarnya lagi.

Meski hanya menyelesaikan tidak lebih dari 30 putaran, Rio masih bisa mencetak waktu terbaiknya dalam satu putaran, yakni 1 menit 29,808 detik. Sehari sebelumnya, rekan setim Rio, Pascal Wehrlein, membuat waktu tercepat 1 menit 25,925 detik.

Ada yang “Kaget” Juga

Bukan cuma Rio yang mengalami “kaget” sehingga sempat kesulitan pada sesi latihan pertamanya. Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, juga sempat gagal mencetak waktu karena mobilnya diduga mengalami gangguan pada suplai bahan bakar. Meski demikian, juara dunia 2008 ini bisa bangkit. Pebalap asal Finlandia ini membuat catatan waktu tercepat 1 menit 25,977 detik. Raihan waktu itu membuat Raikkonen menjadi pebalap tercepat kedua setelah Nico Hulkenberg. Pebalap Force India itu mencetak waktu 1 menit 25,286 detik.

Di kubu Mercedes, sesi latihan dilakukan secara bergantian untuk dua pebalapnya. Nico Rosberg mendapat kesempatan pada sesi latihan pagi. Catatan waktu tercepatnya adalah 1 menit 26,084 detik. Sementara Lewis Hamilton mendapat kesempatan menggeber mobil W07. Di awal latihan, catatan waktu terbaiknya hanya 1 menit 27,131 detik.

Ini video saat MRT05 pertama melintas dan pernyataan Rio sebelum menjajal lintasan F1.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest