Follow Us

Video: Ini Dia Aksi Iron Man dari Indonesia, I Wayan Sutawan

Alvin Bahar - Kamis, 21 Januari 2016 | 03:00
Video: Ini Dia Aksi Iron Man dari Indonesia, I Wayan Sutawan
Alvin Bahar

Video: Ini Dia Aksi Iron Man dari Indonesia, I Wayan Sutawan

I Wayan Sumardana alias Sutawan lagi rame diomongin. Soalnya, banyak yang nyebut doi adalah Iron Man dari Indonesia. Udah banyak media yang ngeliput, termasuk video Kompas TV yang kamu lihat di atas.

Pada pertengahan 2015 lalu, Tawan terserang stroke. Tangan kirinya lumpuh. Dia pun bingung karena sebagai tukang las, dirinya nggak mungkin bekerja dengan satu tangan saja.

"Awalnya kan karena tangan saya tidak bisa digerakkan, stroke. Terus, saya berpikir bagaimana kerja kalau tangannya stroke? Makanya, saya membuat rancangan tangan ini. Banyak yang bilang 'tangan robot'," kata Tawan.

Dia pun tak patah semangat. Cita-citanya sederhana, yakni bagaimana agar dia bisa kembali bekerja mengelas setiap hari seperti biasanya.

Dia pun memutar otaknya. Berbekal informasi dari internet dan ilmunya selama bersekolah di jurusan Elektro Sekolah Teknik Menengah (STM) Rekayasa, Denpasar, hingga tahun 2002 lalu, Tawan mulai merakit tangan robot sejak empat bulan lalu.

Tawan menuturkan bahwa cara kerja tangan robot buatannya ini masih sederhana. Masih banyak kekurangan di sana-sini. Oleh karena itu, dia masih terus belajar dan berburu informasi di internet untuk menyempurnakan perangkat buatannya itu.

Dia mengaku masih mencari perangkat yang fleksibel, praktis, dan ringan sehingga nanti ada orang lain yang juga bisa memakainya.

Saat ini, peralatan tangan robot buatannya memiliki berat sekitar 9 kg. Dia merakitnya dari berbagai barang bekas, seperti besi, baut, mur, kabel, dan peralatan pendukung lainnya.

source: Kompas

Editor : Alvin Bahar

Latest