Follow Us

10 Tanya Jawab Soal Pengajuan Sponsorship Langsung Dari Bosnya

Rizki Ramadan - Rabu, 13 Januari 2016 | 08:04
proposal Pensi
Rizki Ramadan

proposal Pensi

Dukungan dana dari sponsor menjadi andalan tiap acara sekolah, apalagi sejak ada aturan soal pungutan dana di sekolah dari pihak pemerintah. Nah, sebagai pengaju permohonan, pasti kiat punya banyak banget pertanyaan tentang pihak perusahaan. Pertanyaan yang jawabannya bisa kita pakai untuk menentukan strategi dalam pengajuan proposal.

Karena itu, HAI mengumpulkan keluh kesah dari para panitia pensi, lalu mengajukannya ke Pak Anto Noegroho (AM – Marketing Manager PT Mayora Indah (AM), Ibu Elda Emeralda dari Nestle Crunch (EN) , dan Pak Aristo (EC) yang biasa menerima pengajuan sponsor. Mari disimak!

1. Apa aja, sih, pertimbangan perusahaan buat mengabulkan sebuah permohonan sponsorship?

EN: “Selama ada kesesuaian antara acara dengan profil perusahaan sponsor. Misalnya, profil target pengunjung dan target konsumen dari sponsor sama, atau activity-nya emang saling dukung. Yang paling utama, benefit yang diperoleh kedua pihak bisa diatur lebih fleksibel.”

Aristo: “Kegiatannya cocok dengan segmentasi produk, usia, dan SES. Kami juga nggak melulu melihat berapa produk yang bisa terjual, tetapi bagaimana engagement dan interaksi pengunjung dengan brand produk. Jadi pengaju sponsorship mesti kreatif dalam menawarkan acara dan kesesuain dengan produk kaminya.”

2. Gimana caranya supaya kita bisa mendapatkan sponsor berupa fresh money, bukan berupa produk?

EN: “Kasih benefit yang memang perusahaannya cari-cari.”

AM: “Kami melihat peruntukannya, misalnya fresh money untuk kompensasi mendatangkan artis ternama, pembicara ternama atau untuk production panggung dengan dominan branding produk sponsor maka sangat mungkin dalam bentuk fresh money, dikombinasikan dengan produk untuk sampling dan selling. Tapi, intinya kami ingin ada pertanggungjawaban dalam setiap rupiah dari dana tunai sponsor tersebut akan menjadi benefit apa saja.”

3, Presentasi seperti apa, sih, yang lebih dilirik, saat pengajuan sponsor?

AW: Kami akan senang kalau mereka presentasi dengan konsep yang sesuai dengan konsep acara mereka. Misal, dengan menggunakan kostum tertentu. Itu menunjukkan kalau mereka niat.

AM: Harus punya tampilan profesional, format singkat dan to the point, coba posisikan bahwa kalian hanya punya waktu 1 menit untuk meyakinkan sponsor. Jadi singkat dan meyakinkan

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest