Follow Us

Anggy Umbara Ditunjuk Jadi Sutradara Film “Bumi Manusia”

- Jumat, 18 September 2015 | 07:00
Act Like a Pro: Anggy Umbara: Be A Good Director
Hai Online

Act Like a Pro: Anggy Umbara: Be A Good Director

Kalau kalian pernah membaca buku-buku sastra klasik karya Pramoedya Ananta Toer, salah satu bukunya yang berjudul Bumi Manusia dipastikan bakal diangkat ke layar lebar. Sutradara Anggy Umbara yang sukses dengan film Comic 8-nya, yang juga sedang mempersiapkan film “3” dalam waktu dekat itu mengaku bakal juga menggarap film adaptasi novel tersebut. "Falcon Pictures sudah memberikan kepercayaannya kepada saya untuk mempelajari dan mengembangkan novel itu (Bumi Manusia) untuk dijadikan film," kata Anggy dikutip dari Kompas.com, Jumat (18/9) ini.

Anggy mendapat tawaran untuk menyutradarai film adaptasi novel Bumi Manusia pada 2014 lalu, setelah rumah produksi Falcon Pictures membeli hak cipta novel pertama dari tetralogi Pulau Buru tersebut. "Pembicaraan lebih serius terjadi beberapa bulan lalu ketika kami selesai memproduksi Comic 8: Casino Kings," ungkap Anggy lagi. Baca: Anggy Umbara Siap Visualkan Jakarta 2036 di Film 3 (Alif Lam Mim) Namun, saat ini lanjut dia, proyek tersebut masih dalam tahap awal pengembangan. "Belum tahu ke depannya seperti apa. Produksinya belum ditentukan kapan dan pemain-pemainnya juga belum diputuskan siapa," tuturnya lagi.

Novel Bumi Manusia
Diakui Anggy, Bumi Manusia memiliki proses dan tantangannya sendiri. "Sejauh ini tantangan yang ada masih di seputar substansi cerita yang harus teradaptasi secara baik dan tepat ke dalam skenario untuk dijadikan film," ujarnya. Untuk diketahui, pada 2004 lalu, sutradara Garin Nugroho dan penulis skenario Jujur Prananto dikabarkan bakal menggarap novel Bumi Manusia ke layar lebar. Terakhir, produser Mira Lesmana juga sempat disebut-sebut tertarik mengadaptasi novel itu ke film. Namun Anggy Umbara nampaknya menjadi salah satu sutradara yang dianggap layak mengadaptasi novel tersebut ke dalam bentuk visual audio.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest