Follow Us

GIGI: MUTUAL RESPECT

Erick Tobing - Kamis, 21 Januari 2010 | 10:24
GIGI MUTUAL RESPECT
Erick Tobing

GIGI MUTUAL RESPECT

Proyek soundtrack Sang Pemimpi bukanlah pertama kalinya Gigi mengerjakan musik untuk film kan? Apa yang bikin beda kali ini?

Bukan. Kami udah pernah beberapa kali bikin proyek soundtrack. Dulu, di film Brownies, kami membuat paket satu album soundtrack. Jadi seluruh lagu yang ada di album itu adalah Gigi. Sisanya, kami pernah beberapa kali ikutan di beberapa soundtrack film.

Bedanya, kalo dulu itu kami ikutan di soundtrack film, dengan modal lagu yang udah ada. Jadi lagu Gigi yang udah ada, dicomot buat ikutan jadi soundtrack film. Nah kalo sekarang nggak gitu sistemnya.

Kami benar-benar membuat dari nol lagu Sang Pemimpi ini. Dan semuanya benar-benar dibikin berdasarkan film tersebut. Bisa dibilang made by order lah.

Made by order?

Ya. Karena Mira Lesmana minta lagunya dibikin berdasarkan interpretasi kami terhadap filmnya. Jadi kami dikasih nonton potongan filmnya dulu, terus bikin liriknya juga harus baca novelnya dulu.

Apalagi, Mira juga bilang dari pertama, kayak gimana lagu yang dia pengen. Jadi udah ada pakem-pakemnya. Meskipun emang urusan kreatifnya sih tetap ada di Gigi. Mira cuma ngasih rambu-rambunya aja.

Kenapa band sekelas Gigi mau ngambil proyek made by order gitu? Kalo gitu, ini pengalaman pertama Gigi ikutan proyek dengan sistem kayak gitu?

Iya, ini yang pertama Gigi ikutan dengan sistem kayak gitu. Karena itu juga lah kami mau ngambil proyek ini. Kami pengen nyoba. Bisa nggak sih kami bikin lagu dengan sistem kayak gitu? Alhamdulillah bisa ternyata. Kami ngelihatnya lebih sebagai tantangan sih. Sepanjang karir Gigi, baru sekarang ini kami bisa nyoba.

Selain itu, kami juga respek banget sama Mira. Film-filmnya selalu punya sesuatu yang beda. Selalu keren film-filmnya. Kami sebenarnya udah pengen bikin soundtrack filmnya Mira dari jaman Laskar Pelangi dulu. Tapi ternyata nggak jadi. Dan sekarang Gigi dapat kesempatan lagi. Kenapa nggak?

Apalagi Mira juga ternyata seorang penggemar musik Gigi. Dari dulu Mira selalu nonton kalo Gigi manggung. Mira juga beli merchandise di salah satu konser Gigi. Jadi sama-sama respek lah.

Editor : Erick Tobing

Latest