Follow Us

Top Ten: Pembelian Pemain Paling Boros di Premiere League

Reza Naidra - Rabu, 02 September 2009 | 09:35
Top Ten Pembelian Pemain Paling Boros di Premiere League
Reza Naidra

Top Ten Pembelian Pemain Paling Boros di Premiere League

Harga mahal seorang pemain belum tentu jadi jaminan bisa meningkatkan prestasi tim. Bahkan belum tentu bisa beradaptasi dengan pemain lain yang harganya kurang mahal. Berikut ini adalah sepuluh pemain dengan nilai transfer termahal namun gagal memainkan peranannya.

- Andriy Shevchenko (Chelsea, 31 juta Poundsterling)Chelsea memboyong Sheva tahun 2006 dengan kontrak selama 4 tahun. Bagi Chelsea pembelian Sheva sangat merogoh kantong, saat itu. Namun The Blues rela, pasalnya Sheva adalah striker tajam. Dia memenangkan segalanya di Milan. Meraih Ballon d'Or dan dua kali menjadi top skorer Serie A.Setelah pindah ke London Barat, kemampuannya seperti ditelan bumi. Dari 83 penampilan, pemain asal Ukraina ini hanya mampu mencetak 20 gol. Untuk mendapatkan naluri gol, Sheva dipinjamkan ke Milan selama semusim. Hasilnya? Sheva nggak kunjung tajam. Abramovich sendiri mengatakan kalo membeli Sheva adalah yang terburuk bagi Chelsea.

- Kolo Toure (Manchester City, 14 juta Poundsterling)Bersama Arsenal, Toure meraih gelar juara Liga tahun 2003/04. Dia bisa menjadi pemain paling berharga. Salah satu pembelian Wenger paling menguntungkan dengan nilai 150 ribu Poundsterling.Namun beberapa musim ini Toure nggak konsisten. Cidera kerap mendatangi pemain belakang ini. Nggak kayak Chelsea dengan Shevchenko, The Citizens telah membeli pemain yang emang udah kehilangan tajinya.

- Zat Knight (Bolton, 5 juta Pounsterling)Pembelian pemain klab ini emang sembrono. Bolton dengan gampangnya membawa Zat Knight dari Aston Villa. Umurnya hampir 30 tahun, jack. Padahal kalo diliat amunisi pemain, Bolton memiliki Gary Cahill, bek yang lebih muda dan lebih jago ketimbang Knight. Membuat Toure terlihat lebih menjanjikan.

- Joleon Lescott (Manchester City, 22 juta Poundsterling)Banderol pemain ini lumayan gede. Menjadikannya pemain belakang ketiga termahal sepanjang masa. Canggih bukan? Padahal pembelian dia sangat percuma. Lescott udah berumur 27 dan baru 7 kali, dan pemain pilihan keempat skuad Inggris. Nanti, orang akan melihat transfer ini sebagai pembelian termahal City untuk seorang pemain biasa aja.

- Johann Elmander (Bolton, sekitar 10 juta Poundsterling)Pembelian aneh. Kenapa pelatih Megson mau membeli seorang striker yang nggak pernah bermain di klab Eropa papan atas dan rata-rata mencetak 1 gol di tiga pertandingan dengan harga yang memecahkan rekor transfer klab. Total golnya adalah 5 dari 34 laga. Dengan harga segitu Bolton bisa mendapatkan Dave Kitson dan Michael Chopra. Ya. Mungkin bukan contoh pemain terkenal. Seenggaknya itu bisa mengindikasikan kalo pembelian Elmander adalah buruk.

- Andrea Dossena (Liverpool, 7 juta Poundsterling)Josemi, Krompkamp, dan Insua, adalah pembelian terburuk Liverpool. Namun Dossena adalah rajanya terburuk. Setelah semusim gagal masuk skuad utama, Dossena gerah dan pengen pergi dari Anfield.

- Owen Hargreaves dan Tomas Rosicky (Manchester United, 17 juta, dan Arsenal, 7 juta Poundsterling)Dua pemain ini digabungin karena mereka memiliki satu kesamaan, nggak pernah bisa fit untuk bermain. Kabarnya Hargreaves diharuskan pensiun dini. Sementara Rosicky nggak pernah bermain sejak Januari 2008. Keduanya adalah pemain hebat, namun jika setiap bermain mengalami cidera, ribet juga, jack.

- Savio Nsereko (West Ham, 9 juta Poundsterling)The Hammers sah bangkrut setelah uang hasil penjualan Craig Bellamy dihabiskan untuk membeli pemain berumur 19 tahun dari Serie B. Savio adalah pemain muda, dan mungkin akan menjadi pemain bagus. Tapi dia belum melakukan sesuatu. Baru bermain 1 kali sejak kedatangannya dan belum bermain musim ini.

- Kevin Prince Boateng (Tottenham, 5.4 juta Poundsterling)Seperti Nsereko, the Fresh Prince datang ke Inggris dengan gelar Pemain Muda Bundesliga 2006. Calon pemain muda berbakat. Namun kenyataannya, dia baru bermain 8 kali selama dua musim. Spurs pengen ngejual, namun nggak ada yang mau ngebeli.

- David Bentley (Tottenham, 16.5 juta Poundsterling)Ketika Sheva pindah ke klab baru dan kehilangan kemampuan, umur menjadi alasan kenapa penyerang ini melempem. Bolehlah. Tapi nggak ada alasan buat Bentley. Setelah melewati musim hebat bersama Blackburn, Bentley dipercayakan masuk skuad Inggris dan digadangkan sebagai penggantinya David Beckham.Ketika Aaron Lennon muncul, Bentley seakan tenggelam. Menjadi pemain cadangan dengan harga mahal yang nggak dibutuhin. FOTO: DAILY.CO.UK

Editor : Reza Naidra

Latest