Follow Us

Teman Hangat, Bakmi Jogja Mbah Surip

Sekar Seruni (old) - Minggu, 29 Agustus 2010 | 10:00
Teman Hangat Bakmi Jogja Mbah Surip
Sekar Seruni (old)

Teman Hangat Bakmi Jogja Mbah Surip

Agak langka memang bisa menemukan bakmi Jawa yang masih bergaya tradisional di Jakarta. Tapi kali ini Hai menemukannya di kawasan Ampera Raya. Bakmi Jogja Mbah Surip, namanya. Sepintas namanya memang seperti pelantun tembang Tak Gendong. Tapi warung makan ini bukan milik pria berambut gimbal tersebut. Warung ini milik Mbah Surip asal Wonosari, Yogyakarta.

Orang-orang yang datang kesini memang butuh kesabaran ekstra untuk bisa menikmati satu piring bakmi nan 'seksi', karena tampilannya yang menggiurkan. Pasalnya bakmi Jawa Mbah Surip tidak dimasak borongan, melainkan satu-satu. Satu piring, satu kali masak. Dan masaknya bukan di kompor biasa, tapi masih tradisional, yaitu dengan menggunakan tungku dan berbahan bakar arang. Kebayang kan gimana?

Pastinya, harus rela antri dong!

Meski dimasak dengan satu tungku, namun menu yang ditawarkan cukup beragam. Mulai dari Mie Goreng Kuning, Bihun Goreng, Bihun Rebus, Nasi Goreng Iso Babat, Nasi Goreng Kambing, Soto Ayam Kampung sampai Magelangan tersedia disini. Namanya warung khas Jogja, nggak afdol kalau tak menyediakan minuman khas jogja, yakni wedhang ronde dan wedhang jahe. Pas banget buat memberikan kehangatan dikala hujan.

Soal harga? Mbah Surip mematok harga makanan per porsi mulai dari 13 ribu sampai 18 ribu. Untuk minuman, cukup dari harga Rp 1000 sampai Rp 7500 saja. Mantab kan?

Datang aja ke jalan Ampera Raya, sekitar 100 meter dari Pengadilan Negeri Jaksel. Buka mulai dari pukul 5 sore sampai habis. Hehee..Sudah siap antri? Yuukkkk kita jalan...

Editor : Sekar Seruni (old)

Latest