Follow Us

Perusuh Menggunakan Blackberry Messenger untuk Menebar Chaos

Rian Sidik (old) - Selasa, 09 Agustus 2011 | 10:28
Perusuh Menggunakan Blackberry Messenger untuk Menebar Chaos
Rian Sidik (old)

Perusuh Menggunakan Blackberry Messenger untuk Menebar Chaos

Polisi di London menemukan fakta bahwa penyebaran kerusuhan di Tottenham, London Utara (London Riots) yang sangat cepat memang dibantu oleh teknologi komunikasi. Uniknya, media yang jadi pilihan para perusuh adalah fasilitas di handset Blackberry, yaitu Blackberry Messengger (BBM). Menurut laporan polisi, mereka juga memakai Twitter, bahkan Facebook untuk "mengompori" masyarakat di London. Tapi penggunaan BBM tercatat yang paling cepat dan populer sebagai alat penyebaran dan alat komunikasi di antara para perusuh. Majalah The Guardian menuliskan artikelnyasetelah berhasil mendapatkan pesan berantai (Broadcast Message) yang berisi "undangan" untuk menjarah dan berbuat rusuh.

Begini beberapa contoh pesan via BBM: "Everyone in edmonton enfield wood green everywhere in north link up at enfield town station at 4 o clock sharp!" (Ajakan untuk berkumpul di stasiun sebelum melakukan kerusuhan)

Malah ada isi pesan yang lebih frontal: "SHOPS are gonna get smashed up so come get some (free stuff!!!)" (Ajakan untuk menjarah toko)

Sampai saat ini polisi sudah menangkap ratusan perusuh yang terlibat dalam London Riots. Kerusuhan dipicu oleh tewasnya seorang warga, Mark Duggan, 29, yang diduga seorang anggota gangster, setelah terlibat baku tembak dengan polisi Kamis pekan lalu. Massa yang kebanyakan adalah kawan Duggan marah dan menyerang kantor polisi.

Tapi,pada akhirnya keluarga Mark Duggan sendiri mengutuk kerusuhan itu dan menganggap peristiwa ini "banyak dimanfaatkan pihak-pihak yang tak bertanggung-jawab." Akhirnya sebuah community page di Facebook pun dibuat untuk mengenang Mark Duggan dan sekaligus mengecam kerusuhan yang terjadi.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest